Jurnalistika
Loading...

Cara Mudah Membuat Catatan dengan Gemini AI di Google Meet

  • Arief Rahman

    29 Agt 2024 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

Google Meet. (Dok. Google)

jurnalistika.id – Kini Gemini AI bisa membuat catatan saat melakukan rapat virtual melalui Google Meet. Inovasi terbaru ini akan sangat membantu ketika sedang melakukan rapat baik untuk bisnis maupun organisasi lainnya.

Gemini adalah fitur AI terbaru yang terintegrasi langsung dengan Google Meet. Diirancang untuk memudahkan pencatatan rapat secara otomatis.

Alat ini dapat mentranskripsikan percakapan menjadi teks tertulis, sekaligus juga secara otomatis mencatat poin-poin penting dan tindakan yang dibahas selama rapat.

Setelah rapat selesai, Gemini akan menghasilkan ringkasan AI yang menyeluruh. Mulai dari siapa yang mengatakan apa dan kapan, hingga poin-poin kunci yang dibahas.

Baca juga: Viral di TikTok, Gini Cara Mudah Bikin Video AI di Hug Vidu AI

Bagi mereka yang tidak dapat hadir dalam rapat, ringkasan ini menjadi sangat berguna untuk tetap mendapatkan gambaran menyeluruh tentang apa yang terjadi.

Pelanggan Google Workspace dengan add-on Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, dan AI Meetings & Messaging akan menjadi yang pertama mendapatkan akses ke fitur terbaru ini..

Meskipun Gemini masih dalam tahap peluncuran bertahap dan belum tersedia untuk semua pengguna, potensi yang ditawarkannya dalam mendukung efisiensi rapat daring sudah sangat menjanjikan.

Cara Membuat Catatan dengan Gemini di Google Meet

Untuk menggunakan Gemini di Google Meet, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Meet di komputer Anda: Pastikan sudah masuk dengan akun yang memiliki akses ke fitur Google Workspace Labs.
  2. Bergabunglah atau mulai rapat baru: Setelah berada di dalam rapat, Anda bisa mulai menggunakan fitur Gemini.
  3. Akses Fitur Gemini:
    • Di antarmuka rapat, klik tombol “Aktivitas” yang terletak di sudut kanan bawah.
    • Pilih “Catatan rapat” dari menu yang muncul.
    • Klik “Buat catatan untuk saya” untuk mengaktifkan pencatatan otomatis.
  4. Tinjau dan Edit Catatan:
    • Setelah rapat selesai, pengguna bisa meninjau catatan yang telah dibuat oleh Gemini.
    • Edit catatan tersebut sesuai kebutuhan untuk memastikan keakuratan dan kelengkapannya.
    • Bagikan catatan dengan peserta rapat melalui Google Docs atau Google Drive.

Meskipun Gemini menawarkan banyak keunggulan, alat ini masih dalam tahap pengembangan dan belum sepenuhnya tersedia untuk semua pengguna.

Selain itu, karena Gemini merupakan alat berbasis AI, kemungkinan masih ada kekurangan dalam akurasi transkripsi. Terutama dalam menangani istilah teknis atau bahasa yang tidak umum.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

catatan gemini

fitur google meet

Gemini

Gemini AI


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami