Jurnalistika
Loading...

5 Manfaat Aktifkan Mode Gelap di Media Sosial yang Jarang Diketahui

  • Arief Rahman

    10 Jul 2023 | 11:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi mengaktifkan mode gelap di media sosial. (Freepik/jcomp)

jurnlistika.id – Sebagian orang mungkin belum mengetahui kalau terdapat banyak manfaat mengaktifkan mode gelap (dark mode) yang disediakan berbagai aplikasi media sosial bagi penggunanya. Misalnya yang terdapat pada Instagram, Twitter, Telegram, WhatsApp hingga Facebook.

Dalam sejarahnya, media sosial yang pertama kali memiliki fitur mode gelap adalah Twitter yang diluncurkan pada 2016 lalu. Saat ini, hampir semua platform menerapkan mode tersebut.

Dark mode sendiri adalah pengaturan tampilan layar yang menggantikan latar belakang terang pada antarmuka pengguna menjadi gelap atau hitam. Namun, elemen-elemen seperti teks, ikon dan gambar tetap terang. 

Baca juga: 4 Perbedaan Fitur Aplikasi Threads dan Twitter

Gunanya untuk memberikan perbedaan yang jelas antara konten dan latar belakang sehingga membuat teks lebih mudah terbaca. Dalam media sosial pengguna dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur ini dan biasanya terdapat pada bagian pengaturan tampilan.

5 Manfaat Aktifkan Mode Gelap di Media Sosial

Berikut beberapa manfaat yang jarang diketahui pengguna ketika mengaktifkan mode gelap di media sosial.

1. Menghemat Baterai

Mengaktifkan mode latar belakang hitam bisa mengurangi penggunaan energi pada layar ponsel atau perangkat lainnya yang menggunakan layar organic light-emitting diode (OLED). Sebab piksel hitam sebenarnya mati dan tidak memerlukan untuk menyala. Karena itulah penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat.

2. Kesehatan Mata

Dark mode bisa membantu mengurangi ketegangan mata ketika menggunakan media sosial dalam kondisi pencahayaan rendah atau gelap. Karena dengan mengaktifkan fitur ini, kontras yang tajam antara layar dan lingkungan sekitar akan berkurang. Alhasil, dapat mengurangi kelelahan mata dan potensi masalah penglihatan.

3. Pengguna Lebih Nyaman

Sebagian orang merasa lebih nyaman saat mengaktifkan mode gelap karena tampilan lebih lembut dan tidak terlalu terang. Apalagi ketika mengakses media sosial pada malam hari yang biasanya memiliki pencahayaan rendah. Sehingga latar belakang gelap bisa mengurangi kejut visual dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. 

4. Bisa Lebih Fokus dan Konsentrasi

Selanjutnya, menerapkan fitur latar belakang yang lebih gelap ternyata dipercaya dapat membantu pengguna menjadi lebih fokus pada konten yang sedang mereka akses. Elemen-elemen visual pun menjadi lebih tidak mencolok sehingga pengguna dapat fokus pada teks yang ingin dibaca.

5. Tampilan Lebih Estetik

Terakhir, dark mode bisa membuat tampilan lebih menarik secara visual. Desain dengan latar belakang gelap sering dianggap lebih modern, elegan atau stylish. Beberapa pengguna menyukai tampilan tersebut guna meningkatkan estetika antarmuka pengguna media sosial mereka.

Itulah berbagai manfaat mengaktifkan mode gelap di media sosial. Kendati demikian, manfaat tersebut dapat bervariasi tergantung pada preferensi individu dan situasi pengguna. Karena bisa saja sebagian orang lebih menyukai mode terang daripada latar belakang gelap.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

manfaat mode media sosial

Media sosial

mode gelap


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami