Jurnalistika
Loading...

5 Aplikasi yang Memanfaatkan Teknologi AI

  • Fareza Hanum

    08 Feb 2023 | 18:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi aplikasi yang manfaatkan teknologi AI. (Cloud Computing)

jurnalistika.id – Kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) menjadi teknologi yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di gadget yang biasa kita pegang misalnya, banyak aplikasi yang memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan kepuasan pengguna saat mengoperasikan aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi yang memanfaatkan kecanggihan dari teknologi AI ini juga bertujuan untuk meningkatkan performa aplikasi ke pengguna smartphone tersebut.

Apa Saja Aplikasi yang Menggunakan Teknologi AI?

Kira-kira aplikasi apa saja ya yang menggunakan teknologi canggih dari AI ini? Langsung simak saja daftarnya di sini:

1. Google Maps

Google Maps App (CHIP)

Melalui bantuan dari Machine Learning, aplikasi berbasis peta ini dapat membantu perjalanan kalian ketika sedang berkendara dan melihat kondisi lalu lintas serta kondisi cuaca. Tak hanya itu, dengan AI, Google Maps juga dapat menyajikan informasi jadwal keberangkatan dan kepulangan dari transportasi umum seperti kereta api, metro bus, dan lainnya.

2. Google Translate

Google Translate (BoboGrid.ID)

Aplikasi ini berbasis penerjemahan bahasa dan sering sekali digunakan banyak orang untuk menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Terkadang hasil terjemahan dari Google Translate sering kurang tepat dan tidak akurat karena aplikasi tersebut menggunakan teknologi berbasi AI yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

3. Gmail

Gmail memanfaatkan teknologi AI (Futura Sciences)

Aplikasi email dari Google sudah lama memperkenalkan teknologi AI ke dalam fitur ini. Misalnya seperti membalas pesan email dengan cepat, menghapus beberapa spam di email, sampai ke fitur beberapa kategori email.

4. Aplikasi Hiburan

(UniPin Blog)

Aplikasi hiburan seperti Netflix, Spotify dan lainnya juga menggunakan teknologi dari kecerdasan buatan loh. Sama seperti apk lainnya, berbagai aplikasi hiburan itu memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan performa bagi para pengguna platform tersebut menjadi lebih baik dan cerdas.

5. Siri

aplikasi yang gunakan teknologi AI
Siri Apple (Hello.web)

Pengguna Apple pasti gak asing lagi dengan Siri, yang hanya terdapat dalam perangkat aplikasi Apple saja. Siri merupakan asisten pribadi yang menyerupai pengenalan suara yang pintar dan bisa berinteraksi dengan penggunanya.

Siri dapat memahami apa yang diperintahkan oleh penggunanya dan membantu para penggunanya.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

Fareza Hanum (Internship)

Aplikasi

teknologi canggih


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami