Jurnalistika
Loading...

Selangkah Lagi Indonesia Akan ke Ronde 3 Usai Hajar Vietnam 3-0 di Kualifikasi Pildun 2026

  • Arief Rahman

    27 Mar 2024 | 08:35 WIB

    Bagikan:

image

Duel pemain Indonesia Marselino Ferdinan dengan kapten Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2025. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia kembali berhasil merengkuh kemenangan atas Vietnam pada pertandingan keempat Grup Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda menghajar pasukan The Golden Boys di markasnya sendiri dengan skor 3-0.

Laga Indonesia kontra Vietnam berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, Selasa (26/3/2024). Tiga gol yang disarangkan tim Merah Putih ke gawang tuan rumah masing-masing dicetak Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta.

Gol pertama dibukukan oleh Jay Idzes pada menit ke-9 lewat tandukan keras. Bermula dari umpan Thom Haye dari sepak pojok, lalu Jay luput dari penjagaan bek Vietnam lalu menyundul bola menjadi gol.

Baca juga: Jelang Duel Vietnam vs Indonesia, Kedua Skuad Diterpa Masalah

Unggul 1-0 membuat pasukan Shin Tae Yong semakin percaya diri, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan semakin nyaman memainkan bola. Hingga menit ke-23, dengan menampilkan aksi individu dari sisi kiri, Ragnar Oratmangoen mencetak gol kedua.

Tertinggal 2-0 membuat Vietnam mencoba menaikan intensitas permainan. Nguyen Tien Linh mendapatkan peluang penting selang beberapa menit usai gol Ragnar, tetapi sepakannya masih jauh dari target. Alhasil Skor pertandingan tidak berubah sampai babak pertama selesai.

Usai turun minum, Shin Tae Yong mengganti Asnawi dan Hokky Caraka dengan Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri. Walau sudah unggul, Indonesia tetap berusaha menambah jumlah gol.

Namun, sejak pertengahan babak pertama Indonesia tampak lebih sering berada di bawah tekanan. Vietnam menciptakan lebih banyak peluang berbahaya, meski tidak ada yang berbuah gol.

Justru Indonesia yang kembali mencetak gol pada penghujung laga. Bermula dari sepakan pojok yang membuat kemelut di depan gawang, lalu Ramadhan Sananta sukses menjadikannya gol. Skor 3-0 menutup pertandingan untuk kemenangan Indonesia.

Selangkah Lagi Indonesia Lolos ke Ronde 3

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia kini semakin kokoh di peringkat kedua klasemen Grup F dengan torehan tujuh poin. Sementara Vietnam juga tertahan di posisi ketiga dengan tiga poin.

Dengan begitu Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi pada dua laga tersisa, yakni saat melawan Irak maupun Filipina. Jika kembali meraih tiga poin maka dipastikan Garuda akan lolos ke ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bahkan Indonesia berpeluang menjadi juara grup apabila berhasil menyapu bersih dua laga selanjutnya. Dengan catatan Irak tidak lagi meraih poin.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Juni 2024, lalu menghadapi Filipina pada 11 Juni 2024. Kabar baiknya, dalam dua laga tersebut Garuda akan berperan sebagai tuan rumah.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia

Vietnam


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami