Jurnalistika
Loading...

Respon Pelatih Persija dan PSM Makassar Usai Main Imbang Pada Pekan Pertama BRI Liga 1

  • Arief Rahman

    04 Jul 2023 | 12:15 WIB

    Bagikan:

image

Ryo Matsumura, pencetak gol Persija melawan PSM Makassar di BRI Liga 1. (Instagram @persija)

jurnalistika.id – Pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar pada pekan pertama BRI Liga 1 musim 2023-2024 berakhir imbang dengan skor 1-1. Pelatih kedua kesebelasan kemudian memberikan respon usai duel sengit yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (3/7/2023) itu selesai.

Pelatih Persija Thomas Doll mengaku senang meski skuadnya tidak bisa meraih hasil sempurna di hadapan penggemar sendiri. Namun, dia memiliki beberapa catatan pada babak pertama yang membuatnya kurang puas.

“Babak pertama kami tidak bisa bermain dengan baik. Beberapa pemain berada dalam tekanan melakukan banyak kesalahan, dan tidak menang duel,” ungkap Thomas.

Pelatih asal Jerman itu menilai, PSM memiliki kelebihan dengan set piece yang mereka dapat. Lantaran di skuad Juku Eja banyak pemain yang tinggi mulai dari penyerang dan juga pemain bertahan.

Baca juga: Rekap Pertandingan Pekan Pertama BRI Liga 1: PSIS Duduki Puncak Klasemen

Kendati demikian, saat memasuki babak kedua Thomas mengaku puas dengan perubahan permainan tim. Menurutnya, banyak perbedaan yang terjadi termasuk dari sektor sayap yang tampil lebih baik.

“Permainan terlihat berbeda pada babak kedua, semua minta bola, sisi sayap bermain lebih cepat. Dan semuanya berusaha mencetak gol. Pada akhirnya skor 1-1 yang kami raih merupakan hasil yang cukup baik untuk kami,” ujar Thomas seperti dikutip dari laman resmi Persija.

Pelatih PSM Makassar Kritik Kinerja Wasit

Sementara itu, pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares membuat beberapa catatan mengenai kinerja wasit yang dianggap cukup merugikan. Misalnya, saat Erwin Gutawa terkapar seharusnya pengadil lapangan harus menghentikan permainan.

“Wasit utama punya peran penting untuk menegakkan fair play dan wasit utama bukan dokter. Kalau pemain sudah jatuh di bawah selama satu menit. Ya wasit harus menghentikan pertandingan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemain yang terkapar bisa saja mengalami sesuatu yang berbahaya sehingga laga perlu dihentikan. Karena itu, Tavares merasa heran dengan keputusan wasit yang justru tetap melanjutkan pertandingan.

“Itu bisa saja hal yang serius, menyebabkan kematian. Namun, wasit tidak mengentikan pertandingannya saat pemain kita terjatuh di lapangan, lalu Persija bisa mencetak gol di momen itu,” tuturnya.

Hasil Imbang Persija vs PSM Makassar

Pertandingan Persija vs PSM Makassar berlangsung sengit sejak awal. Tim tamu unggul lebih dulu melalui gol Kenzo Nambu. Bermula dari tendangan bebas Akbar tanjung kemudian disambut tandukan pemain asal Jepang itu dan bola lepas dari penjagaan Andritany.

Tertinggal 1-0, Persija berusaha mengejar ketertinggalan dengan menaikkan intensitas serangan. Mereka mendapat peluang pada menit ke-18 lewat tendangan bebas Ryo Matsumura, tetapi Reza Arya masih sigap meninju bola.

Gol balasan bagi Macan Kemayoran baru tercipta pada sembilan menit menjelang akhir pertandingan setelah melakukan sejumlah percobaan. Gol diciptakan Ryo Matsumura dengan tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Pertandingan Persija vs PSM Makassar pun berakhir imbang 1-1.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

BRI Liga 1

Persija Jakarta

PSM Makassar


Populer

Tolak Tapera, Ribuan Buruh Akan Gelar Demo di Depan Istana
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami