Jurnalistika
Loading...

Persija Jakarta vs Persib Bandung: Adu Taktik Dua Pelatih Eropa

  • Arief Rahman

    01 Sep 2023 | 12:05 WIB

    Bagikan:

image

Pertandingan Persija vs Persib akan tersaji di BRI Liga 1. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung akan segera tersaji pada laga lanjutan pekan ke-11 BRI Liga 1 musim 2023-2024. Macan Kemayoran akan bertindak sebagai tuan rumah menjamu Maung Bandung di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/9/2023).

Pertemuan Persija vs Persib merupakan salah satu duel yang dinantikan para penggemar sepak bola tanah air, terutama pendukung kedua tim. Pasalnya, saat kedua tim berhadapan akan selalu menampilkan laga sengit dan seru di atas lapangan.

Selain itu, pertandingan Persija vs Persib juga sering disebut sebagai El Clasico Indonesia, atau laga klasik yang sudah ada sejak dulu. Karenanya, antusias suporter akan selalu tinggi menjelang pertemuan.

Pada BRI Liga 1 musim lalu, Persija dan Persib saling mengalahkan dalam laga kandang. Macan Kemayoran mengamankan tiga poin ketika menjamu Pangeran Biru di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Baca juga: Hasil Drawing Liga Champions 2023-2024: MU Gabung dengan Jagoan Liga-liga Eropa

Sementara Persib juga memulangkan Andritany dan kawan-kawan dengan tangan kosong kala bertandang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Dengan demikian, pertempuran nanti juga bakal menjadi ajang menjaga rekor baik di kandang bagi Persija.

Menantikan Perang Taktik Dua Pelatih Eropa

Menariknya, musim ini Persib telah dilatih juru taktik baru kelahiran Kroasia, yakni Bojan Hodak. Sedangkan Persija masih diramu oleh pelatih yang sama, Thomas Doll, pelatih kelahiran Jerman yang sudah melanglang buana di Eropa.

Kehadiran Hodak di kursi kepelatihan Persib tentu akan membuat mereka bermain dengan gaya permainan berbeda seperti musim lalu. Karenanya, Thomas Doll juga harus bisa menemukan formula yang pas agar bisa menjaga nama baik Persija di markas sendiri.

Perang taktik kedua pelatih asal Eropa itu salah satu hal yang dinantikan dalam laga ini. Sebagaimana diketahui, Thomas Doll lebih sering menerapkan permainan menekan lebih agresif. Tetapi sistem ini beberapa kali bisa dimanfaatkan lawan untuk melakukan serangan balik cepat.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Hasil Drawing Liga Champions: Bisa Lahirkan Juara Baru!

Selain itu, berdasarkan pertandingan Persija sebelumnya, terlihat mereka masih kurang tajam di lini depan. Pemain asing seperti Ryo Matsumura, Maciej Gajos, Oliver BIas juga masih dalam performa yang naik turun. Ditambah Marco Simic sering berada di ruang medis.

Pada saat yang sama, Hodak sudah mulai menemukan formula yang tepat untuk membentuk kekuatan Persib. Hal ini juga membuat Pangeran Biru mampu menjaga tren positif dalam beberapa pertandingan sebelumnya.

Catatan Pertemuan

Dalam catatan pertemuan Persija vs Persib, memang keduanya lebih sering mengalahkan di kandang masing-masing. Pangeran Biru terakhir kali menang di kandang Macan Kemayoran terjadi pada 16 Agustus 2007 silam. Setelah itu, Persib tak pernah lagi meraih hasil maksimal.

Adapun dalam pertandingan terbaru, tampaknya Persib memiliki catatan yang lebih baik. Karena membukukan satu hasil imbang dan dua kemenangan beruntun, termasuk laga sebagai tuan rumah.

Sementara, Persija terakhir kali menang ketika menantang PSS Sleman. Setelah itu, Riko Simanjuntak dan kawan-kawan meraih dua kekalahan dan dua hasil imbang.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

BRI Liga 1

Persib Bandung

Persija Jakarta

Persija vs Persib


Populer

Secanggih Apa Starlink Milik Elon Musk yang Akan Diuji Coba di IKN?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami