Jurnalistika
Loading...

Meski Ada Sejumlah Kekurangan, Indonesia Tetap Optimis Menang Lawan Filipina

  • Arief Rahman

    21 Nov 2023 | 09:25 WIB

    Bagikan:

image

Para pemain Timnas Indonesia latihan jelang laga melawan Filipina. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada matchday kedua Grup F lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan bermain sebagai tim tamu di Stadion Rizal Memorial, Selasa (21/11/2023) pukul 18.00 WIB.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengatakan ada sejumlah situasi kurang menguntungkan saat persiapan jelang laga ini. Terutama dari segi kebugaran pemain setelah melakukan perjalanan panjang dari Irak, dan juga perbedaan waktu di Filipina.

Juru taktik asal Korea Selatan itu merasa harus beradaptasi lagi dengan kondisi di Manila (Ibukota Filipina). Meski begitu, dia mengatakan tetap mengusahakan persiapan terbaik untuk memasuki pertandingan nanti.

“Memang tidak semudah mengucapkan, tapi kami telah memulihkan fisik para pemain, jika tidak masalah. Besok (hari ini) di pertandingan kami mungkin akan memiliki sejumlah kekurangan dalam hal kebugaran,” tuturnya.

“Tapi kami telah melakukan persiapan yang baik dari sisi mentalitas pemain, jadi kami dapat melewatinya dengan biak. Sejauh ini semua (persiapan) berjalan dengan baik,” sambungnya.

Optimis Menang Lawan Filipina

Meski menghadapi beberapa situasi sulit, Shin Tae Yong optimis anak asuhnya bisa merebut tiga poin dari Filipina. Namun, dia tidak ingin kekalahan dari Irak di pertandingan sebelumnya menjadi alasan.

“Tapi alasan utama kami untuk memenangkan pertandingan atas Filipina bukan karena kami kalah dari Irak sebelumnya, lalu kami masih punya kesempatan. Melawan Filipina baik tandang atau kandang, bukan masalah karena kami akan mengusahakan penampilan yang terbaik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tae Yong mengatakan akan menyesuaikan gaya permainan Timnas Indonesia saat menghadapi Filipina. Menurutnya, persiapan sudah matang dan akan menyajikan pertandingan menarik di Stadion Rizal Memorial.

Sebelumnya, Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan menelan kekalahan telak. Irak menang di hadapan penggemar sendiri dengan menghajar skuad Garuda dengan skor 5-1.

Usai kekalahan tersebut, Indonesia masih memiliki lima pertandingan sisa. Karenanya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus bisa membawa pulang tiga poin dari Manila agar kesempatan lolos tetap terbuka.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Filipina

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia


Populer

Tolak Tapera, Ribuan Buruh Akan Gelar Demo di Depan Istana
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami