Jurnalistika
Loading...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Punya Peluang Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

  • Arief Rahman

    25 Jan 2024 | 07:25 WIB

    Bagikan:

image

Momen laga Jepang vs Indonesia di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia dikalahkan Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024). Skuad Garuda takluk dengan skor 3-1 atas Samurai Biru.

Sejak awal laga Jepang sudah tampil menekan, baru tiga menit laga berjalan Jordi Amat menjatuhkan Ayase Ueda di kotak terlarang. Usai pengecekan VAR wasit memutuskan memberikan penalti kepada Jepang.

Ueda menjadi algojo dan menuntaskan tugasnya dengan baik. Meski tendangan penalti ke arah kanan dibaca oleh Ernando Ari, namun bola tetap mengguncang gawang Indonesia.

Baca juga: Shin Tae Yong Kritik Wasit Usai Indonesia Ditekuk Irak 1-3 di Piala Asia 2023

Skor berubah 1-0 dan bertahan hingga babak pertama berakhir. Dua gol lain bagi Jepang dicetak pada babak kedua, satu oleh Ueda dan satu lagi akibat gol bunuh diri Justin Hubner.

Sementara gol tunggal bagi Indonesia dicetak oleh Sandy Walsh pada menit pertambahan waktu babak kedua. Bermula dari lemparan jauh Arhan Pratama kemudian dalam posisi tak terkawal, Walsh melesat tendangan yang tak bisa diantisipasi Suzuki.

Berkat kemenangan ini Jepang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Sementara Indonesia nasibnya masih abu-abu, namun asa itu masih ada.

Peluang Indonesia Tetap Lolos ke Babak 16 Besar

Satu-satunya peluang Indonesia lolos ke babak 16 besar adalah melalui jalur peringkat tiga terbaik. Saat ini pasukan Shin Tae Yong berada di posisi keempat tiga terbaik, tetapi itu belum aman karena masih berharap hasil laga grup lain.

Indonesia mesti berharap pertandingan di Grup E, Yordania bisa menang atas Bahrain dengan selisih tiga gol atau lebih satu gol tanpa balasan. Dengan demikian Indonesia akan unggul selisih gol dari Bahrain.

Jika skenario itu berjalan, maka Indonesia tinggal menunggu hasil dari laga antara Oman melawan Kirgistan di Grup F. Syaratnya duel kedua negara ini berakhir imbang.

Apabila terjadi, maka Indonesia akan punya poin lebih banyak dibandingkan Oman. Skuad Garuda juga bisa lolos jika Kirgistan menang atas Oman 1-0 atau 2-1, ini akan membuat Indonesia unggul produktivitas gol.

Pertandingan Bahrain vs Yordania dan Oman vs Kirgistan akan digelar pada hari ini, Kamis (25/1/2024). Bahrain melawan Yordania lebih dulu dimulai baru disusul duel Oman kontra Kirgistan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Jepang

Piala Asia 2023

Timnas Indonesia


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami