Jurnalistika
Loading...

Gilas Yordania 4-1, Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U-23

  • Arief Rahman

    22 Apr 2024 | 06:15 WIB

    Bagikan:

image

Skuad Timnas Indonesia U23. Indonesia lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Yordania. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia U23 menutup laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan manis. Garuda Muda memastikan diri lolos ke babak 8 besar usai menghajar Timnas Yordania U23 dengan skor 4-1 di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Minggu (21/4/2024) malam WIB.

Memasuki laga ini, Timnas Indonesia memang sudah memiliki peluang lolos lebih besar ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Rizky Ridho dan kawan-kawan hanya butuh menahan imbang Yordania, dan berharap Australia tidak menang atas Qatar.

Namun, alih-alih bertahan Shin Tae Yong dan anak asuhnya justru tampil menyerang. Sejak babak pertama Indonesia sudah memberikan ancaman kepada Yordania.

Baca juga:Indonesia U-23 Dibekuk Qatar, Penerjemah STY Ungkap ‘Taktik Licik’ Tuan Rumah

Kendati demikian, Yordania bukan tanpa ancaman. Pada menit ke-11 Baker Kalbouneh melepaskan tendangan cukup keras, namun masih jauh menyamping dari gawang Ernando Ari.

Kerja sama luar biasa Timnas Indonesia pun berbuah hasil pada menit ke-21. Yordania melanggar Rafael Struick di kotak terlarang sendiri, alhasil penalti bagi Indonesia.

Marselino tampil sebagai algojo, dengan tenang pemain KMSK Deinze berhasil merobek jala gawang Yordania yang dijaga Juaidi. Merah Putih unggul lebih dulu 1-0.

Yordania tampak kesulitan mengejar ketertinggalan. Meski melakukan beberapa kali akselerasi serangan, bek Indonesia selalu bisa mengantisipasi.

Justru Indonesia yang kembali mencetak gol pada menit ke-40. Kali ini Witan Sulaeman memanfaatkan bola sodoran Rizky Ridho dengan tendangan plesing. Skor 2-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak Kedua Indonesia tetap Ganas

Memasuki babak kedua, permainan Indonesia tetap tidak menurun. Meski sudah unggul pasukan Shin Tae Yong seolah ingin terus menambah pundi-pundi gol.

Sementara, Yordania masih terus berusaha memperkecil ketertinggalan dengan melakukan sejumlah pergantian pemain. Beberapa kali mereka melancarkan serangan dari berbagai arah, tetapi lini belakang Indonesia masih tampil solid.

Walau sempat tertekan, Indonesia mampu bangkit dan kembali mencetak gol ketiga. Marselino bermain cantik dengan Witan Sulaeman hingga memasuki kotak penalti, dan gol tercipta di menit ke-70.

Sayangnya, keunggulan Indonesia sempat diperkecil pada menit ke-78. Ernando Ari salah langkah mengantisipasi bola karena sepakan Waseem Wasef Alriyat mengenai kaki Justin Hubner yang membuat bola berbelok arah.

Namun, tidak butuh lama Indonesia kembali memperbesar skor menjadi 4-1. Komang Teguh memanfaatkan assist lemparan jarak jauh Arhan. Skor pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Berkat hasil ini Indonesia masuk ke perempat final sebagai runner-up Grup A dengan torehan enam poin. Sedangkan Yordania harus puas di urutan terakhir berada di belakang Australia, adapun juara grup dipegang oleh Qata.

Pada babak perempat final nanti, Indonesia kemungkinan besar akan menghadapi antara Jepang dan Korea Selatan yang menempati posisi pertama dan kedua Grup B. Tergantung tim mana yang akan menjuarai grup.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U23

Yordania


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami