Jurnalistika
Loading...

Cetak Sejarah! Indonesia Lolos ke Piala Asia U-23 2024 Usai Tekuk Turkmenistan

  • Arief Rahman

    13 Sep 2023 | 07:05 WIB

    Bagikan:

image

Skuad Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar usai menekuk Turkmenistan 2-0 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023). Pencapaian ini merupakan sejarah, karena Garuda Muda baru pertama kali lolos ke ajang paling bergengsi dalam sepak bola Asia itu.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukung, Timnas Indonesia U-23 tampil memukau karena mampu mendominasi jalannya pertandingan. Sejak menit awal Rizky Ridho dan kawan-kawan langsung menekan pertahanan tim tamu.

Sementara, Turkmenistan tampak lebih memilih bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Namun, upaya mereka selalu mampu dipatahkan barisan pertahanan Timnas U-23 yang dijaga oleh Elkan Baggot, Rizky Ridho dan Komang Teguh.

Walaupun mendominasi permainan, Timnas Indonesia U-23 sempat kesulitan membongkar benteng pertahanan Turkmenistan. Pasalnya, tim perwakilan Asia Tengah itu selalu menumpuk pemain di area berbahayanya sendiri.

Alhasil, beberapa peluang berhasil digagalkan seperti kesempatan emas yang didapat Rafael Struick di depan gawang. Pratama Arahan juga sebenarnya mencetak gol, namun dianulir karena wasit menganggap dia offside terlebih dulu.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, Timnas Indonesia akhirnya sukses mencetak gol di menit ke-39. Bermula dari umpan-umpan pendek yang diperagakan para pasukan Shin Tae Yong, lalu berakhir di kaki Ivan Jenner yang kemudian melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Kedudukan berubah 1-0, keunggulan bagi Garuda Nusantara.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Nathan Tjoe-A-On, Pemain Liga Inggris yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Walaupun terjadi jual beli serangan antara kedua tim pada sisa babak pertama. Gol Ivan Jenner tersebut sekaligus menjadi satu-satunya gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Gol Pratama Arhan di Babak Kedua Kunci Kemenangan Timnas Indonesia

Laga berlanjut ke babak kedua, Turkmenistan tampak mencoba tampil lebih agresif. Perubahan permainan itu tampak berhasil menekan pertahanan Indonesia di lima menit pertama.

Namun, pasukan Garuda Muda tak mau terus berada dalam tekanan, mereka perlahan bangkit dan mulai mendominasi permainan lagi. Peluang pun kembali tercipta, Rio Fahmi nyaris mencetak gol tapi bola masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-67, Ivan Jenner nyaris mencetak gol kedua setelah terjadi kemelut di depan gawang Turkmenistan. Hanya saja, bola masih bisa diamankan barisan pertahanan lawan.

Timnas Indonesia terus menguasai jalannya pertandingan dengan gaya permainan yang bervariasi. Beberapa pergantian pun dilakukan Shin Tae Yong, dan sederet peluang pun tercipta.

Saat memasuki masa injury time, Garuda Nusantara baru bisa menggandakan keunggulan. Dicetak Pratama Arhan, yang memanfaatkan umpan dari Arkhan Fikri dari sisi kanan. Gol ini pun sekaligus mengunci kemenangan Indonesia sampai pertandingan berakhir.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-23 keluar sebagai juara grup K dengan raihan enam poin dari dua laga dan lolos ke Piala Asia U-23. Sedangkan Turkmenistan menjadi runner-up grup dan juga berpeluang lolos sebagai runner-up terbaik.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23

Turkmenistan


Populer

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap Fase Grup Euro 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami