Jurnalistika
Loading...

4 Fakta Luar Biasa Usai Real Madrid Juara Liga Champions 2024

  • Arief Rahman

    03 Jun 2024 | 10:25 WIB

    Bagikan:

image

Real Madrid merayakan juara Liga Champions musim 2023-2024. (X (Twitter) @realmadrid)

jurnalistika.id – Real Madrid memastikan diri menjadi juara Liga Champions musim 2023-2024 usai mengalahkan Borussia Dortmund di partai final. Los Blancos menaklukkan Die Borussen dengan skor 2-0 di Stadion Wembley, London, Minggu (2/6/2024).

Dua gol Real Madrid masing-masing dicetak oleh Dani Carvajal dan Vinicius Junior pada babak kedua. Dortmund sempat memperkecil ketertinggalan, namun dianulir karena offside.

Usai kemenangan Carlo Ancelotti dan skuadnya meraih gelar ke-15 Liga Champions, sederet fakta luar biasa seperti dirangkum berikut.

1. Raih Juara ke-15 Tanpa Menelan Kekalahan

Perjalanan Real Madrid menuju final hingga juara sangat luar biasa. Toni Kroos dan kawan-kawan tidak pernah menelan kekalahan dari babak grup hingga penghujung kompetisi.

Bergabung dengan Napoli, Braga, dan Union Berlin di Grup C, Madrid keluar sebagai juara grup tanpa hasil imbang dan kekalahan. Kemudian di babak 16 besar memulangkan RB Leipzig usai bermain 0-1 di tandang dan 1-1 di kandang.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Juni 2024, Terdekat Lawan Tanzania

Pada perempat final, Madrid bertemu dengan juara bertahan Manchester City. Lagi-lagi, Ancelotti menaklukkan tim yang menjuarai Liga Inggris itu lewat adu penalti.

Saat babak final, Madrid juga menghadapi tim raksasa Jerman, Bayern Munchen. Dalam laga ini, Vinicius Junior dan rekannya menang dengan agregat 4-3. Lalu di final mengalahkan Dortmund.

2. Empat Pemain Madrid Raih Trofi Liga Champions Keenam

Berkat kemenangan ini, bukan hanya Real Madrid yang semakin jauh meninggalkan jumlah trofi klub lain. Empat pemainnya yakni Kroos, Luka Modric, Nacho Fernandez, dan Dani Carvajal juga menjadi empat pemain yang memiliki trofi Si Kuping Besar paling banyak sepanjang masa.

3. Carlo Ancelotti Jadi Pelatih Pertama Pemilik 5 Trofi UCL

Selain menjadi satu-satunya pelatih yang mampu menjuarai lima liga top Eropa, Carlo Ancelotti juga menjadi juru taktik pertama yang memiliki lima trofi Liga Champions. Tiga didapat bersama real Madrid, dua lagi kala melatih AC Milan.

4. Jumlah Trofi UCL Real Madrid Sama dengan yang Dimiliki Klub Liga Inggris

Sejauh ini, trofi UCL yang dimiliki oleh sejumlah klub di Liga Inggris totalnya adalah 15. Klub yang memilikinya Aston Villa, Manchester City (1), Nottingham Forest, Chelsea (2), Manchester United (3), Liverpool (6).

Total tersebut sama dengan milik Real Madrid yang juga punya 15 UCL. Hal ini sekaligus membuat Los Blancos semakin jauh meninggalkan pesaing terdekatnya yakni AC Milan yang punya 7 gelar juara.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

fakta menarik

Liga Champions

real madrid


Populer

PKS Usung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami