Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Dear Mahasiswa Akhir, 5 Tips Membuat Judul Skripsi Ini Bikin Cepat di ACC Dosen

  • Anissa Purwa

    16 Jun 2022, 01:45 WIB

    Bagikan:

image

Tips Membuat Judul Skripsi (Foto: Element5 Digital on Unsplash)

jurnalistika.id – Sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana atau strata satu (S1), banyak mahasiswa tingkat akhir yang merasa kesulitan menentukan judul skripsi apa yang akan mereka ajukan ke dosen. Salah satu alasannya karena takut dosen itu tidak meng-ACC judul penelitian.

Maka tak heran, banyak mahasiswa yang frustasi ketika mulai mengerjakan skripsi. Nah, jika kamu salah satunya, kamu berada di artikel yang tepat. Karena kali ini, jurnalistika.id bakal mengulas tips ampuh agar judul skripsi kamu dapat segera mendapat persetujuan dari dosen.

Tips Ampuh Agar Judul Skripsi Cepat Di ACC Dosen

Ketika mahasiswa mengajukan judul skripsi, banyak dari mereka yang deg-degan karena takut mendapat penolakan. Kendati demikian, sebenarnya penolakan tersebut sebagai kritik demi kelancaran pengerjaan juga.

Karena alasan itu dan daripada sakit hati, berikut tips ampuh supaya judul skripsimu langsung di ACC dosen. Simak baik-baik ya!

1. Perbanyak membaca skripsi karya alumni di jurusanmu

Membaca. (Photo by Dollar Gill on Unsplash)

Buat kamu yang merasa sangat kebingungan, langkah awal mana yang harus kamu lakukan? Janga panik! Pergilah ke perpustakaan atau kunjungi situs resmi universitasmu. Bacalah skripsi kakak-kakak tingkatmu yang sudah sudah selesai.

Setidaknya Kamu sudah mencoba memperluas pemikiranmu. Dan pastinya, setelah membaca banyak skripsi dan jurnal, kamu akan segera mendapatkan serpihan-serpihan ide baru.

So, jangan malas membaca ya!

2. Luangkan me-time untuk menemukan minat kamu

Luangkan waktu untuk diri sendiri. (Photo by Scott Webb on Unsplash)

Setelah memiliki berbagai ide, bingung mau pilih yang mana? Cobalah renungkan minat penelitian yang akan kamu lakukan. Misal apakah berkorelasi dengan metode, media, strategi, dan sebagainya?

Pikirkan materi perkuliahan yang menurutmu paling mudah dan menarik untuk diteliti.

Pastikan hal yang kamu akan teliti adalah minat dan kesukaanmu ya!

3. Percayalah bahwa Sharing is Amazing

tips membuat judul skripsi
Diskusi dengan teman. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Masih bingung nih mau mengajukan judul yang mana? Jangan ragu untuk berdiskusi, baik dengan kakak tingkat yang sudah berhasil menyelesaikan skripsinya, ataupun kepada dosen pembimbing.

Kakak tingkat yang sudah berhasil menyelesaikan skripsinya pasti bisa memahami perjuanganmu untuk menyusun skripsi. Mintalah tips dan trik versi mereka dalam menyelesaikan skripsi.

Jangan malu-malu untuk bertanya ya

4. Perbanyak mengkaji penelitian para dosen jurusanmu

membaca skripsi orang lain
Mengkaji penelitian. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Dosen adalah salah satu sumber ilmu terbaik dalam dunia perkuliahanmu. Selain mengenal akrab dosen-dosenmu, kamu juga perlu membaca karya-karya ilmiahnya.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah pula memahami minat penelitian dosen-dosen tertentu, dan segera bisa mengajukan judul yang menarik perhatian dosen tersebut.

5. Untuk membuat skripsi, awali dengan menemukan masalah, bukan judul

Menemukan masalah. (Photo by Markus Winkler on Unsplash)

Tips terakhir ini adalah yang paling penting. Ketika kamu menemukan masalah, maka dosen pembimbing akan dengan mudah memberikan arahan dan bantuin supaya kamu segera menemukan judul yang tepat.

Namun sebaliknya, jika kamu menemukan judul terlebih dahulu, maka kemungkinan dosenmu akan bertanya, “dari judul yang kamu ajukan ini, apa masalah yang kamu teliti?”. Nah loh

Dari kedua keadaan tersebut, maka akan lebih efektif jika menemukan masalah dulu ya. Karena tak jarang juga antara judul skripsi dan masalah yang diceritakan itu kurang cocok, sehingga akhirnya kamu harus mengubah judul skripsimu deh.

Jadi untuk kamu pejuang skripsi, semangat terus ya!

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

(anp)

judul skripsi

Mahasiswa

sarjana

skripsi

tips kuliah