Jurnalistika
Loading...

Ganjar Tak Ingin Tagih Data Soal MEF di Luar Debat: Kalau Tak Siap, Jangan Berdebat

  • Arief Rahman

    09 Jan 2024 | 10:35 2IB

    Bagikan:

image

Prabowo Subianto (kiri) dan Ganjar Pranowo (kanan) saat debat ketiga Pilpres 2024. (Tangkapan layar YouTube KPU).

jurnalistika.id – Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo enggan menagih data pada capres nomor urut 02, Prabowo Subianto terkait minimum essential force (MEF) atau kekuatan pokok minimal Indonesia di luar debat.

Ganjar mengatakan jika ingin membantah data seharusnya dilakukan saat sesi debat tidak perlu ada pertemuan di luar debat berkaitan dengan hal tersebut. Karenanya, ia mengatakan Prabowo jangan mengikuti debat bila tidak siap.

“Tidak perlu (bertemu, debatnya itu hari ini. Kenapa mesti besok? Kalau memang tidak siap, jangan berdebat,” kata Ganjar Pranowo seusai debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024).

Baca juga: Anies dan Prabowo Ungkap Alasan Tak Salaman Seusai Debat Ketiga Pilpres 2024

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menambahkan jika Prabowo siap berdebat maka seharusnya memiliki persiapan yang baik. Terkait waktu yang terbatas, Ganjar berpendapat itu sebagai ujian paling baik bagi seseorang untuk menunjukkan kemampuannya.

“Itulah ujian yang paling bagus, maka kalau anda tidak perform. Jangan menantang pada ruang lain,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan apabila ingin menyampaikan jawaban di ruang lain maka Prabowo bisa melakukannya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR RI sebagai seorang Menteri Pertahanan.

“Beliau akan berdebat nanti dengan DRP. Dan publik akan melihat tapi dengan saya sudah cukup ada di sini,” katanya.

“Maka publik kita minta untuk menilai bahwasanya mengajak untuk membandingkan data dan beliau tidak sanggup,” tambah Ganjar.

Ganjar Tantang Prabowo Bantah Data Saat Debat

Sebelumnya, dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum di Istora Senayan, pada Minggu (7/1/2024) lalu, Ganjar sempat menantang Prabowo untuk membantah data terkait indeks pertahanan Indonesia yang menurun.

Meski Prabowo menanggapi pernyataan itu, Ganjar menilai bahwa pertanyaannya tidak mendapatkan jawaban jelas. Prabowo lantas berkilah dirinya tidak memiliki cukup waktu untuk menjawab pertanyaan tersebut.

“Jadi begini, yang Bapak ungkapkan itu saya bisa bantah. Waktunya tidak cukup. Saya siap berjumpa dengan Bapak. Mari kita bahas. Satu per satu akan saya buktikan,” kata Prabowo.

“Saya butuh hari ini Pak,” ujar Ganjar menimpali.

“Oh enggak bisa. Saya tidak dikasih waktu. Jadi Anda tidak fair. Anda minta saya kasih penjelasan yang begitu rumit tapi waktu saya terbatas,” kata Prabowo lagi.

Seperti diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 ini mengangkat tema soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

debat capres

Ganjar Pranowo

Pemilu 2024

Pilpres 2024

Prabowo Subianto


Konten Sponsor

Populer

Daftar Menteri dan Pejabat Negara Pendukung Anies, Prabowo, Ganjar di Pilpres 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami