Jurnalistika
Loading...

11 Penumpang Minibus Meninggal Karena Tertabrak Kereta di Lumajang

  • Jurnalistika

    20 Nov 2023 | 16:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi Foto: (dok: Kementerian Perhubungan RI)

jurnalistika.id – Sebanyak 11 orang penumpang minibus atau elf meninggal dunia akibat tertabrak kereta api (KA) Prabuwangi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Minggu (19/11/2023) malam.

“Ada 11 korban meninggal dan empat orang mengalami luka berat akibat kejadian kecelakaan tersebut,” kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang AKBP Agus Gede Made Artha dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).

Agus mengatakan, petugas telah mendatangani dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kemudian, petugas mengevakuasi korban hidup dan mengidentifikasi korban meninggal. Seluruh korban Seluruh korban berada di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

Kecelakaan tersebut berawal dari minibus Isuzu Elf Nopol. N-7646-T berjalan dari arah selatan ke utara, melintasi lintasan kereta api tanpa palang pintu. Di saat bersamaan, ada KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi–Surabaya yang berjalan dari arah timur ke barat. Sehingga, terjadi benturan pada Minggu (19/11) pukul 19.53 WIB.

Korban yang meninggal dunia sementara ditempatkan di Instalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD dr. Haryoto Lumajang. Korban yang mengalami luka berat pun mendapat perawatan di RSUD yang sama.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya prihatin dan menyesal atas kejadian tersebut. Tabrakan elf dengan KA 266 Probowangi tersebut, kata dia, menyebabkan keterlambatan jadwal kereta hingga 13 menit karena terhenti di lokasi kejadian.

Didiek menuturkan, seluruh pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang. Hal tersebut sesuai UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 dan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 114.

“Kereta Api memiliki jalur tersendiri dan tidak dapat berhenti secara tiba-tiba sehingga pengguna jalan harus mendahulukan perjalanan KA,” ujar Didiek dalam keterangan resmi, Senin (20/11/2023).

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Kecelakaan

Kereta Api

kereta lumajang


Populer

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap Fase Grup Euro 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami