Jurnalistika
Loading...

Sering Sakit Kepala? 5 Tips ini Bisa Dicoba untuk Mengatasinya

  • Dea Sunara

    11 Apr 2023 | 14:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi orang menderita sakit kepala. (Freepik/8photo)

jurnalistika.id – Jika kamu merupakan orang yang sering sakit kepala, terdapat berbagai tips yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Semuanya bisa dilakukan sendiri dan caranya cukup mudah.

Sakit kepala adalah kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Meskipun umumnya tidak terlalu berbahaya, tetapi kondisi ini bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Baca juga: Puasa Tanpa Sahur dan Dampak Buruknya bagi Kesehatan dan Produktivitas

Ada berbagai penyebab sakit kepala, seperti stres, kelelahan, dehidrasi, ketegangan otot. Bahkan bisa juga karena mengonsumsi makanan tertentu yang tidak cocok bagi tubuh.

5 Tips Mengtasi Sakit Kepala

Berikut lima tips kesehatan yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah sakit kepala.

1. Minum Cukup Air Putih

Dehidrasi adalah salah satu penyebab sakit kepala yang paling umum. Jadi pastikan untuk minum cukup air putih setiap hari untuk menjaga tubuhmu terhidrasi dengan baik. Jika kamu sering merasa sakit kepala, coba tambahkan satu atau dua gelas air putih dalam rutinitasmu.

2. Lakukan Relaksasi Otot

Ketegangan otot adalah penyebab lain dari sakit kepala yang sering terjadi. Untuk mengatasi hal ini, coba lakukan relaksasi otot dengan cara mengencangkan otot-ototmu selama beberapa detik, kemudian lepaskan secara perlahan. Kamu bisa melakukan relaksasi otot pada bagian leher, bahu, punggung, dan kaki untuk meredakan ketegangan otot.

3. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dan kelelahan bisa memicu sakit kepala. Pastikan untuk tidur yang cukup setiap malam, dan jika kamu merasa kelelahan, jangan ragu untuk beristirahat sejenak. Cobalah untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam dan istirahat sejenak di siang hari jika perlu.

4. Hindari Makanan Tertentu

Beberapa makanan tertentu, seperti cokelat, keju, dan minuman berkafein, bisa memicu sakit kepala pada sebagian orang. Jadi, coba hindari makanan dan minuman ini jika kamu sering merasa sakit kepala setelah mengonsumsinya. Jangan lupa juga untuk makan makanan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatanmu.

5. Coba Teknik Meditasi

Teknik meditasi bisa membantu kamu meredakan stres dan kecemasan, yang bisa menjadi penyebab sakit kepala. Cobalah untuk meditasi selama 10-15 menit setiap hari untuk membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan mentalmu.

Dalam mengatasi sakit kepala, penting untuk mencari tahu penyebabnya dan mengatasi masalah tersebut. Dengan mencoba lima tips kesehatan di atas, kamu bisa mengurangi risiko sakit kepala dan merasa lebih baik secara umum.

Namun, jika sakit kepala terus berlanjut dan semakin sering terjadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Dea

kesehatan

sakit kepala

Tips and trik


Populer

Deretan Artis Masuk Radar Pilkada 2024, dari Pelawak hingga Musisi
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami