Jurnalistika
Loading...

Puasa Tanpa Sahur dan Dampak Buruknya bagi Kesehatan dan Produktivitas

  • Dea Sunara

    10 Apr 2023 | 20:45 WIB

    Bagikan:

image

ilustrasi maag atau asam lambung naik. (freepik/jcomp)

jurnalistika.id – Sahur merupakan kegiatan yang dilakukan pada waktu dini hari dengan mengonsumsi makanan dan minuman sebelum memulai puasa. Hal ini sangat penting untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bertenaga sepanjang hari saat berpuasa.

Namun, seringkali orang-orang meremehkan pentingnya sahur dan memilih untuk tidak makan saat sahur. Padahal, tidak melakukan sahur memiliki bahaya yang harus diwaspadai.

4 Bahaya yang Mengintai Jika Puasa Tanpa Sahur

Sebelum menjalankan ibadah puasa, setiap orang perlu untuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang saat sahur agar tubuh tetap terjaga. Lantas, apa bahaya jika menjalani puasa tanpa sahur bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya.

1. Puasa Tanpa Sahur Tentu Akan Membuat Tubuh Lemas

Pertama-tama, tidak melakukan sahur dapat membuat tubuh menjadi lemas dan kekurangan energi. Ketika kita tidak makan sejak malam hingga siang hari, maka tubuh akan kekurangan energi yang membuat kita mudah merasa lelah dan lesu. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama untuk menjalankan aktivitas yang memerlukan tenaga dan konsentrasi.

2. Kadar Gula Menjadi Rendah

Kedua, tidak melakukan sahur juga dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak stabil. Saat berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh cenderung turun, dan makanan yang dikonsumsi saat sahur dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama puasa.

Jika tidak melakukan sahur, maka kadar gula darah dalam tubuh bisa turun secara drastis, yang dapat menyebabkan pusing, mual, dan bahkan pingsan.

3. Berpotensi Maag Kambuh

Selanjutnya, tidak melakukan sahur juga dapat menyebabkan munculnya penyakit gastritis atau sakit maag. Kondisi ini bisa terjadi karena lambung yang kosong terlalu lama dan terganggu saat harus mencerna makanan saat berbuka puasa. Oleh karena itu, makan sahur menjadi penting untuk mencegah munculnya penyakit maag.

4. Mempengaruhi Kinerja Otak

Bahaya selanjutnya jika puasa tanpa sahur yakni dapat mempengaruhi kinerja otak. Kurangnya energi pada tubuh yang terjadi karena tidak makan sahur bisa mempengaruhi kinerja otak dan konsentrasi. Hal ini bisa berdampak pada terganggunya pekerjaan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak meremehkan pentingnya sahur saat berpuasa. Dengan melakukan sahur, kita dapat menjaga stamina tubuh dan menghindari berbagai masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat kurangnya energi pada tubuh.

Dengan demikian, kita dapat menjalankan puasa dengan lancar dan meraih pahala yang besar dari Allah SWT.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Dea

puasa tanpa sahur

ramadhan 2023

sahur


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami