Jurnalistika

Memahami Cara Kerja Virus Menyerang Tubuh

  • Sarah A

    20 Jan 2022, 07:07 WIB

    Bagikan:

image

(c) Unsplash

jurnalistika.id – Mengapa seseorang bisa terpapar virus? Jawabannya karena virus membutuhkan sel inang untuk bertahan hidup. Virus dapat beradaptasi dengan mudah di sel inang dan di lingkungan mana pun.

Bahkan, virus dapat bertahan hidup dalam kondisi yang sangat sulit. Selama ini yang kita ketahui tentang virus hanya sebatas adanya penyebaran virus dari individu ke individu lain hingga menyebabkan kematian.

Tapi pernahkah kita berpikir bagaimana cara kerja virus di dalam tubuh? Bagaimana sesuatu yang begitu kecil bisa membuat seseorang sakit bahkan menyebabkan kematian? Serta bagaimana virus dapat berkembang biak di dalam tubuh kita?

Yuk kita cari tahu lebih lanjut tentang virus.

Pengertian Umum Tentang Virus

Virus terdiri dari RNA (asam ribonukleat) atau DNA (asam deoksiribonukleat) yang terbungkus dalam lapisan protein yang bertujuan untuk melindungi materi genetik virus. Terdapat berbagai macam bentuk virus antara lain batang, bulat, dengan mahkota atau ekor silinder.

Melihat virus juga tidak bisa dengan sembarang mikroskop. Mikroskop untuk melihat pergerakan virus adalah mikroskop elektron pemindaian yaitu mikroskop yang menggunakan elektron sebagai pengganti cahaya untuk menghasilkan gambar.

Umumnya virus hanya menyebabkan flu biasa, tetapi sebagian virus menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya seperti HIV, Ebola, Coronavirus, bahkan terdapat varian baru dari Corona yaitu Omicron. Sistem kekebalan tubuh akan melawan adanya virus yang masuk, jika sistem kekebalan tubuh kita tinggi atau kuat maka kita tidak akan jatuh sakit.

Oleh karena itu, pastikan bahwa sistem kekebalan kamu kuat ya agar tidak mudah sakit.

Bagaimana Virus Masuk ke Dalam Tubuh?

cara kerja virus masuk ke dalam tubuh (c) istock

Ada berbagai macam cara bagi virus untuk masuk ke dalam tubuh. Biasanya virus memasuki tubuh melalui mulut, mata, hidung, alat kelamin, gigitan, luka yang terbuka.

Virus dapat menyebabkan penyakit menyebar melalui kontak langsung dengan kulit seseorang yang terinfeksi, selaput lendir atau cairan tubuh. Dapat juga melalui kontak tidak langsung contohnya ketika kita menyentuh benda seperti pintu atau meja yang mungkin terdapat virus, ketika selaput lendir bersentuhan dengan orang lain, ketika orang terinfeksi melalui bersin, batuk, atau berbicara.

Virus juga bisa ditularkan melalui makanan, air atau darah yang terkontaminasi. Penyebaran virus yang terakhir yaitu melalui vektor seperti tikus, ular, nyamuk, dan lainnya.

yang Dilakukan Virus di dalam Tubuh Manusia?

Mikroorganisme ini masuk ke dalam tubuh dan menempel di permukaan sel dan mencari sel di berbagai bagian tubuh seperti hati, sistem pernapasan atau darah, setelah itu ia memasuki sel tersebut.

Ketika berada di dalam sel, virus akan terbuka sehingga DNA dan RNA-nya akan keluar dan langsung menuju inti. Virus akan memasuki molekul dan membuat salinan virus.

Salinan itu akan keluar dari nukleus menerima protein yang nantinya berfungsi sebagai pelindung DNA dan RNA virus tersebut.

Salinan virus baru yang jumlahnya jutaan akan meninggalkan sel yang sudah terinfeksi dan mencari sel yang masih sehat untuk menginfeksi sel sehat tersebut sehingga virus dapat berkembang biak kembali dengan baik. Akibatnya sel yang masih sehat dapat rusak atau mati saat terdapat virus di dalamnya.

Perlu kita ketahui, bahwa virus yang menginfeksi manusia tidak selalu menyebabkan penyakit. Infeksi dapat terjadi apabila virus mulai berkembang biak dan terdapat sel tubuh yang rusak akibat infeksi tersebut.

Dengan kata lain, apabila sistem kekebalan tubuh kita berhasil melawan virus yang masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak maka orang tersebut tidak akan sakit, sebaliknya apabila sistem kekebalan tubuh gagal dalam mengendalikan virus maka orang tersebut dapat terinfeksi.

Proses ini disebut dengan patogenesis, yaitu perkembangan infeksi hingga menimbulkan reaksi akhir. Jika orang yang terpapar virus memiliki tingkat keparahan gejala yang tinggi, maka orang teresebut harus mencari bantuan medis.

Cara Melawan Virus

Sistem kekebalan tubuh adalah hal yang sangat berpengaruh dalam melawan virus. Jika kekebalan tubuh rendah maka bisa di bantu dengan pengobatan untuk meredakan gejala yang karena oleh infeksi.

Antivirus bekerja dengan cara merusak rantai DNA virus untuk mencegah kinerja virus tersebut.

Oleh karena itu, obat ini sangat berguna untuk melawan virus seperti herpes dan hepatitis C.

Demikian cara kerja virus, meskipun kita tidak mungkin untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh karena ukurannya yang sangat kecil, maka yang dapat kita lakukan adalah menaikkan sistem kekebalan tubuh kita dengan pola hidup dan makanan yang sehat.

Baca juga: Jangan Percaya Hoax, Inilah Kandungan dalam Cairan Vaksin

cara kerja virus

Covid-19

Virus


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami