Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

6 Khasiat Sarang Lebah dan Cara Aman Mengkonsumsinya

  • Sarah A

    16 Mei 2022, 06:27 WIB

    Bagikan:

image

Manfaat Sarang Lebah (Photo by Beeing on Unsplash)

jurnalistika.id – Bagi kamu pecinta madu pastinya sudah tidak asing lagi dengan sarang lebah. Rumah lebah yang berbentuk heksagonal itu berfungsi sebagai tempat penyimpanan nektar.

Selain nektar, sarang lebah dapat menyimpan madu, serbuk sari, dan larva lebah yang kemudian menghasilkan madu.

Namun, bagi sebagian orang mengonsumsi sarang lebah masih meninggalkan tanda tanya akan khasiatnya. Padahal, nyatanya makanan ini mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat sarang lebah?

Khasiat sarang lebah
Fresh honeycomb with honey spoon isolated (c) istockphoto

Melansir laman healthline berikut ini berbagai khasiat atau manfaat dari sarang lebah.

1. Kaya akan nutrisi

Sarang lebah mengandung banyak karbohidrat dan aktioksidan, kemudian protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah kecil, serta gula dan air sekitar 95-99%.

Madu mentah dan lilin lebah merupakan dua komponen utama yang terdapat pada sarang lebah.

Madu mentah yang belum mengalami pemrosesan mengandung enzim glukosa oksidase yang bermanfaat sebagai sifat antimikroba dan antibakteri pada madu.

Enzim tersebut melewati penghancuran oleh pemanasan dan penyaringan untuk memproses sebagian madu komersial.

Madu mentah tidak mengalami kontaminasi pemanis seperti sirup jagung fruktosa tinggi serta cenderung mengandung lebih banyak antioksidan daripada madu olahan.

Antioksidan merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan terhindar dari penyakit. Kandungan antioksidan pada madu mentah 4,3 kali lebih tinggi daripada madu olahan.

Senyawa polifenol merupakan antioksidan utama pada madu yang dapat mengurangi risiko diabetes, demensia, penyakit jantung, bahkan jenis kanker tertentu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Lilin lebah pada sarang lebah berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol karena kandungan asam lemak rantai panjang dan alkohol.

Salah satu penelitian kecil pada peserta yang mengonsumsi 70 gram gula atau madu per hari, setelah 30 hari diketahui dapat meningkatkan kolesterol HDL mereka sebesar 3,3% dan menurunkan kolesterol LDL mereka sebesar 5,8%.

Mengganti madu sebagai alternatif gula juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida hingga 19%.

Kandungan antioksidan pada madu juga dapat melebarkan arteri menuju jantung sehingga dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, serta berpotensi mengurangi risiko pembekuan darah, serangan jantung, bahkan stroke.

3. Perlindungan terhadap infeksi

Penelitian pada tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak lilin lebah dapat memberikan perlindungan terhadap jamur dan bakteri penyebab patogen seperti Staphylococus aureus, Candida albicans, Salmonella anterica, dan E.coli.

Sifat antimikroba pada madu dapat membantu melindungi usus dari parasit dan Giardia lamblia.

4. Mengurangi batuk pada anak

Anak-anak biasanya rentan terhadap infeksi saluran pernafasan yang berpotensi menyebabkan batuk.

Dalam sebuah penelitian, makan sekitar setengah sendok teh atau 2,5 ml madu soba selama 30 menit sebelum tidur lebih efektif  mengurangi batuk daripada sirup obat.

Selain itu, anak-anak juga dapat tidur lebih nyenyak jika mengonsumsi madu soba ketimbang sirup obat.

Sarang lebah atau madu tidak dianjurkan bagi anak di bawah 12 bulan karena mengandung spora bakteri C. botulinum yang berpotensi membahayakan.

5. Alternatif gula bagi penderita diabetes

Sarang lebah dapat menjadi gula alternatif bagi penderita diabetes karena madu jauh lebih manis daripada gula rafinasi walaupun dalam jumlah sedikit.

Alkohol pada lilih lebah dapat membantu mengurangi resistensi insulin yaitu kondisi yang berkontribusi terhadap kadar gula darah tinggi.

Penelitian kecil terhadap orang yang mempunyai penyakit hati NAFLD, di mana lemak menumpuk di hati serta resistensi insulin menemukan bahwa ekstrak alkohol lilin lebah berpotensi mengurangi kadar insulin sebesar 37%.

Namun, penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsi terlalu banyak karena konon dapat meningkatkan kadar gula darah.

6. Meningkatkan fungsi hati

Sarang lebah berkontribusi untuk meningkatkan kinerja hati.

Sebanyak 48% penderita peyakit hati melaporkan penurunan gejala seperti sakit perut, kembung, dan mual dalam satu studi 24 minggu.

Cara memakan sarang lebah

Pancakes served with Sweet bananas and honey comb crumbs (c) istockcphoto

Berikut berbagai cara dalam mengonsumsi makanan yang kaya khasiat ini:

1. Menjadi olesan pada roti hangat

2. Sebagai pemanis dalam makanan penutup buatan sendiri seperti panekuk, oatmeal, dan yogurt

3. Menambahkannya di atas salad atau di samping buah

Demikian berbagai khasiat dari sarang lebah, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah sedang ya teman-teman. Karena, jika terlalu sering akan berpotensi mengalami alergi.

Kamu dapat dengan mudah menemukan sarang lebah ini di toko makanan kesehatan, atau toko online yang menyediakan makanan sehat. (*SA)

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

khasiat sarang lebah

lebah

Madu

sarang lebah