Jurnalistika

Ketahui Faktor Penyebab Alergi dan Cara Mencegahnya

  • Sarah A

    14 Jan 2022, 07:07 WIB

    Bagikan:

image

(c) Unsplash

jurnalistika.id – Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata alergi? Yap! Alergi merupakan respons sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang disebut alergen. Alergi biasanya ditandai dengan gejala peradangan, bersin, dan gatal-gatal.

Sedangkan, Alergen bisa berasal dari berbagai sumber tertentu, seperti makanan, serbuk sari, atau dari bulu hewan peliharaan.

Faktor Penyebab Alergi

alergi
(c) Istock

Berikut ini ulasan mengenai penyebab alergi, pengobatan, dan cara mencegahnya.

1. Alergi Makanan

Alergi yang paling umum adalah alergi terhadap makanan yang cenderung memicu adanya pembengkakan. gatal-gatal, mual, kelelahan, dan masih banyak lagi. Kamu sudah tahu belum kamu alergi terhadap makanan apa? cari tahu ya!

2. Alergi Musiman

Faktor kedua penyebab alergi yaitu musim atau cuaca, hal ini disebabkan oleh cuaca yg berubah-ubah di setiap musim. Negara Indonesia sendiri memiliki iklim tropis yang berarti memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Gejala yang dapat ditemui pada faktor ini diantaranya deman dan pilek termasuk hidung tersumbat dan mata bengkak.

3. Alergi Parah pada Kulit

alergi kulit
(c) Istock

Alergi ini meliputi :

  • Ruam (iritasi kulit, merah atau bengkak, terasa sakit atau gatal)
  • Eksim (bercak kulit menjadi meradang dan terasa gatal hingga berdarah)
  • Dermatitis kontak (bercak merah dan gatal pada kulit muncul segera setelah kontak dengan alergen)
  • Sakit tenggorokan (faring atau tenggorokan teriritasi atau meradang)
  • Pembakaran (peradangan kulit yang menyebabkan ketidak nyamanan dan sensasi menyengat pada kulit)

Jenis alergen yang umum biasanya meliputi produk hewani, narkoba, makanan, sengatan serangga, hewan peliharaan, tanaman, alergen musiman hay fever yang disebabkan oleh serbuk sari yang dikeluarkan oleh tanaman sehingga dapat memicu gejala mata gatal, mata berair, pilek, dan batuk.

Mencegah Alergi

Cara terbaik yaitu dengan menjauhi apa pun yang dapat memicu reaksi alergi kamu. Tetapi jika kamu sudah terlanjur mengalami alergi ada beberapa opsi sebagai berikut.

Pengobatan

Obat yang sering kali digunakan mencakup obat-obatan seperti antihistamin yang berfungsi untuk mengendalikan gejala alergi. Jika alergi kamu parah sebaiknya kamu meminta resep ke dokter ya.

Imunoterapi

Imunoterapi merupakan penyuntikan selama beberapa tahun untuk membantu tubuh agar terbiasa dengar alergi yang kamu miliki.

Sudah banyak orang yang memilih imunoterapi sebagai perawatan alergi mereka karena perawatan ini terbukti efektif mencegah datangnya kembali gejala alergi.

Epinefrin darurat

Beberapa respons alergi yaitu keadaan darurat medis. Jika kamu memiliki alergi yang sangat parah yang dapat mengancam jiwa, siapkan suntikan epinefrin darurat jika memungkinkan. Suntikan ke dalam tubuh hingga bantuan medis tiba. Merek umum suntikan ini yaitu EpiPen dan Twinject.

Baca juga: Lagi Diet? Ketahui Cara Realistis Untuk Mengurangi Makanan Olahan

Semua alergi yang kamu alami bisa saja berdampak serius jika tidak segera kamu tangani. Maka dari itu, jangan ragu ya untuk hubungi dokter atau profesional medis jika alergi kamu semakin parah.

alergi

alergi kulit

alergi makanan


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami