Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

5 Cara Menabung Paling Rasional

  • Ratu Masrana

    29 Des 2021, 08:15 WIB

    Bagikan:

<p>Foto : Alexander Mils on Unsplash</p>

Foto : Alexander Mils on Unsplash

jurnalistika.id – Hampir semua orang sepakat bahwa menabung adalah penting dan baik. Kendati demikian, tidak semua orang bisa melakukan kegiatan positif ini.

Terkadang hal tersulit tentang menabung adalah memulai.

Panduan langkah demi langkah tentang cara menghemat uang ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga Anda dapat menabung untuk semua tujuan tabungan jangka pendek dan jangka panjang Anda.

1. Catat pengeluaran

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang Anda belanjakan. Catat semua pengeluaran Anda, termasuk beli kopi, barang rumah tangga, dan tip tunai.

Setelah Anda memiliki data, atur angka berdasarkan kategori, seperti bensin, bahan makanan, dan hipotek, dan jumlahkan semua totalnya.

Gunakan kartu kredit dan laporan mutasi bank Anda untuk memastikan keakuratannya, dan jangan ada satupun yang terlewat.

2. Anggaran untuk menabung

Setelah Anda memiliki gagasan tentang apa yang Anda belanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai mengatur pengeluaran Anda yang tercatat ke dalam anggaran yang bisa diterapkan.

Anggaran Anda harus menguraikan bagaimana pengeluaran Anda diukur dengan pendapatan Anda sehingga Anda dapat merencanakan pengeluaran Anda dan membatasi pengeluaran yang berlebihan.

Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang terjadi secara teratur tetapi tidak setiap bulan, seperti perawatan mobil.

3. Cari cara memangkas pengeluaran

Jika pengeluaran Anda sangat tinggi sehingga Anda tidak dapat menabung sebanyak yang Anda inginkan, mungkin sudah waktunya untuk menguranginya. Identifikasi hal-hal yang tidak penting yang dapat Anda belanjakan lebih sedikit, seperti hiburan dan makan di luar.

Cari cara untuk menghemat pengeluaran tetap bulanan Anda seperti televisi dan ponsel Anda juga.

4. Tetapkan tujuan menabung

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan apa yang akan anda lakukan dengan tabungan Anda—mungkin Anda akan menikah, merencanakan liburan, atau menabung untuk masa pensiun.

Kemudian cari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan dan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyimpannya.

5. Tentukan prioritas

Setelah pengeluaran dan pendapatan Anda, tujuan Anda menabung cenderung memiliki dampak terbesar pada bagaimana Anda mengalokasikan tabungan Anda.

Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang—penting agar perencanaan pensiun tidak mengesampingkan kebutuhan jangka pendek.

Baca juga:

Cara menabung

Menabung

Tabungan

Tips and trik


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022