Jurnalistika
Loading...

Jadi Menu Wajib Saat Puasa, Ini 7 Manfaat Baik Kurma Untuk Kesehatan

  • Inas Nasihah

    08 Apr 2023 | 13:15 WIB

    Bagikan:

image

Buah Kurma. ()

jurnalistika.id – Meski ukurannya kecil, kurma memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kurma menjadi salah satu buah yang dianjurkan dikonsumsi saat berbuka puasa.

Kurma juga menjadi salah satu sumber energi bagi orang yang sedang masa pemulihan. Kandungan dalam kurma dapat mengganti elektrolit yang hilang selama berpuasa. Karena itulah buah kurma sangat direkomendasikan dikonsumsi saat puasa.

Manfaat kurma yang begitu banyak inilah menjadikan buah ini banyak diincar. Bahkan saat ini beberapa produk vitamin berbahan dasar kurma pun selalu ramai di pasaran.

7 Manfaat Kurma, Baik Buat Kesehatan Tubuh

Lalu apa sajakah manfaat kurma untuk kesehatan tubuh? Simak di bawah ini!

1. Memenuhi Asupan Gizi

Vitamin A, B kompleks, C, E, dan K serta kalsium, zat besi, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terkandung dalam buah kurma. Kurma memiliki kadar kalori yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah lain.

Buah kurma sering kali menjadi hidangan untuk berbuka ataupun sahur di bulan puasa. Hal ini karena kurma mengandung banyak gula alami dan sering dikeringkan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selain manfaat di atas, kurma ternyata juga bermanfaat dalam menurunkan resiko gangguan mata. Ini dikarenakan vitamin A yang terdapat di dalam buah kurma.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk menjaga kekuatan tulang. Kandungan selenium, tembaga, mangan, dan magnesium dalam kurma dapat menjaga kesehatan tulang.

Zat gizi yang ada di dalam kurma diketahui berpotensi menurunkan risiko keroposnya tulang.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Walaupun mempunyai rasa manis dan kadar gula yang tinggi, akan tetapi buah kurma memiliki indeks glikemik yang dapat dikatakan rendah. Sehingga kadar gula darah tidak melonjak dengan tinggi saat kita mengkonsumsinya.

Bahkan penderita diabetes dapat mengkonsumsi kurma karena kandungan antioksidan di dalam kurma mampu mengontrol kadar gula darah normal serta mampu mencegah resistensi insulin.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Magnesium dan kalium yang ada pada buah kurma dapat menjaga tekanan darah menjadi normal dalam tubuh manusia. Kandungan serat yang ada pada kurma juga turut berperan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada pada dalam tubuh menjadi salah sumber penyakit jantung.

Karena itu, kita bisa mulai dua kali seminggu setidaknya mengkonsumsi kurma secara rutin untuk memelihara kesehatan jantung kita.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah kurma adalah makanan dengan kandungan jenis serat tidak larut yang mampu membantu memadatkan feses dan bisa melancarkan pencernaan. Karena pencernaan ini adalah sistem yang sangat penting yang harus kita jaga. Maka mengkonsumsi kurma sangat disarankan.

7. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan buah kurma untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi janin yang ada di dalam kandungan. Jika kurma dikonsumsi oleh Ibu hamil, maka dapat menurunkan resiko berbagai masalah seperti kesehatan kelahiran dan prematur bahkan berat badan kurang.

Bagi Ibu hamil yang mau mengkonsumsi kurma maka bisa mendapatkan anak yang cerdas dan cakap.

Itulah manfaat kurma untuk kesehatan tubuh. Buah kecil asli Arab ini memang kaya akan manfaat. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Inas

buah kurma

buka puasa

kurma

Menu Buka Puasa


Konten Sponsor

Populer

Angin Puting Beliung Ngamuk di Rancaekek-Jatinangor, BMKG Beri Penjelasan
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami