Jurnalistika
Loading...

Ini 4 Minuman yang Bisa Atasi Mual Akibat Asam Lambung, Bisa Bikin Sendiri!

  • Arief Rahman

    04 Jul 2023 | 13:15 WIB

    Bagikan:

image

Minumn untuk meredakan keluhan asam lambung. (Pixabay/aditiaap)

jurnalistika.id – Mual karena asam lambung naik bisa diatasi dengan mengkonsumsi beberapa minuman yang bisa didapat dengan mudah dan bisa dibikin sendiri. Ketahui jenisnya agar bisa meredakan kondisi yang membuat tidak nyaman tersebut.

Selain merasa mual, seseorang yang asam lambungnya naik biasanya juga akan merasakan perut begah atau terasa penuh, padat, kencang, dan sesak. Tidak sedikit pula orang sendawa terus-terusan yang tentunya membuat tidak nyaman bagi diri sendiri maupun orang sekitar.

Asam lambung naik bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, pola makan tidak teratur dn dari aspek anotomi dinding lambung yang sudah mengalami kerusakan. Karenanya, sangat penting untuk menjaga kesehatan pikiran maupun badan agar tetap bisa beraktivitas sehari-hari.

4 Minuman untuk Menurunkan Asam Lambung

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa minuman yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung dengan cepat.

1. Berbagai Jus

Seperti dilansir dari Heathline, jus bisa menjadi salah satu minuman yang dapat meredakan keluhan asam lambung. Tetapi penting untuk diingat, hindari minuman jus yang terlalu asam karena dapat memicu produksi lambung berlebihan.

Baca juga: 5 Bahaya Kebanyakan Makan Daging Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Adapun jus yang mungkin bisa digunakan dalam kondisi asam lambung naik adalah jus wortes, lidah buaya, kubis, bayam, mentimun, pir, dan semangka. Namun, disarankan untuk tidak mengkonsumsi jika di antara jenis tersebut ada yang tidak cocok menurutmu.

2. Air Kelapa

Air Kelapa mengandung berbagai elektrolit mulai dari natrium, kalium dan magnesium. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan bisa meninggalkan efek pendingan. Karena itu, jenis minuman ini cukup baik untuk menyeimbangkan asam lambung.

3. Aneka Minuman Dari Jahe

Mengutip dari Medical News, jahe merupakan tumbuhan yangdapat membantu membantu menenangkan perut dan mengurangi produksi asam lambung. Tetapi, jangan konsumsi minuman kemasan jahe yang memiliki campuran soda atau kafein.

Sebainya, buat olah sendiri jahe menjadi minuman yang dicampur dengan madu atau sedikit pemanis. Dengan begitu, kamu bisa meredakan keluhan asam lambung naik.

4. Susu

Selain berpengaruh terhdp kondisi percernaan penderita maag, ternyata susu juga dipercaya bisa membantu menurunkan asam lambung yang naik. Hal itu karena efek dari tiga zat gizi yang banyak terdapat dalam susu, yaitu kalsium, protein, dan lemak.

Namun, perlu diperhatikan kalau tidak semua jenis susu bisa dikonsumsi sebagai pereda keluhan asam lambung. Kamu bisa pilih jenis susu rendah leman, susu almond, dan susu kedelai. Pastikan pula lihat kualitasnya agar tidak menambah penyakit.

Itulah beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk meredakan keluhan mual diakibatkan asam lambung. Kamu juga perlu menghindari bebera minuman yang harus dihindari, seperti alkohol, minuman berkarbonasi, minuman berkafein dan jus jeruk.

Jika mual akibat asam lambung naik terus berlanjut, sebaiknya kamu kunjungi fasilitas kesehatan atau bertanya kepada ahli. Hal tersebut untuk mencegah adanya kemungkinan lain dalam kondisi kesehatan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

asam lambung

kesehatan

minuman atasi asam lambung


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami