Jurnalistika

Gen-z! Bawa Bekal Harus Digaungkan, Ini Cara Mengatasi Asam Lambung

  • Jurnalistika

    07 Des 2022, 10:38 WIB

    Bagikan:

image

(Foto: Pexels)

jurnalistika.id – Keluhan muda-mudi secara general memang urusan karir dan finansial. Namun, siapa sangka banyak yang tidak sadar bahwa kesehatan mereka rentan goyah di tengah padatnya kesibukan. Banyak Gen Z yang merasakan panas, nyeri, mual pada bagian perutnya di pagi hari sebelum beraktivitas.

Asam lambung memang berbahaya jika dianggap enteng. Mengutip Hatford Healthcare menyatakan sebanyak 25% remaja dan usia muda di seluruh dunia mengalami asam lambung GERD.

Gastroesophageal reflux disease atau GERD merupakan bagian fase akut dari gejala maag, dispepsia, dan regurgitasi.

Penyakit asam lambung ini diakibatkan seringnya pemuda mengonsumsi makanan cepat saji dan telat makan menjadi faktor penyebab utamanya.

Cara mengatasi Asam Lambung

Ada beberapa cara untuk mengatasi naiknya asam lambung, sebagai berikut:

1. Stop Merokok

Rokok berdampak buruk bagi kesehatan, terkhusus pada kestabilan asam pada lambung manusia. Sebab, kebiasaan merokok secara bertahap bisa menurunkan fungsi klep esofagus bagian bawah.

2. Jaga Ideal Berat Badan

Melansir Mayo Clinic, berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan di perut dan menyebabkan asam lambung gampang naik ke kerongkongan.

3. Makan dalam Porsi Kecil dan Sering.

Melansir Verywell Health, makan dengan porsi berlebihan bisa meningkatkan tekanan di perut bagian atas. Daripada makan tiga kali sehari dalam jumlah besar, penderita asam lambung sebaiknya makan enam kali makan dalam porsi kecil atau tiga kali makan kecil dan tiga porsi camilan.

4. Mengikuti Pantangan Makanan

Hindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti gorengan, makanan pedas, makanan asam, daun mint, kopi, teh, cokelat, dan soda.

5. Mengonsumsi Obat Pereda Asam Lambung

Untuk mengontrol penyakit asam lambung agar tidak kambuh, penderita yang akan merasakan gejala penyakitnya kumat perlu segera minum obat asam lambung.

Beberapa opsi obat asam lambung yang biasanya direkomendasikan dokter di antaranya antasida, H2 blocker, omeprazole atau proton pump inhibitor (PPI).

Bawa Bekal Menjadi Penting Untuk Mengatasi Asam Lambung

Dari kelima poin atau cara untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam lambung, pola hidup sehat yang mesti dijalankan mulai dari sekarang, yaitu membawa bekal dari rumah.

Selain untuk menghemat pengeluaran, efisiensi waktu dan kualitas dari makanan yang kita konsumsi pun terjamin. Sehingga dapat menghindari makanan cepat saji atau junkfood yang masuk ke dalam tubuh.

Konsep bekal yang dibawa dapat berupa 4 sehat dan 5 sempurna, seperti karbohidrat, lauk pauk, buah-buahan, sayur mayur, dan susu sebagai pelengkap. Dapat ditambahkan cemilan sebagai makanan pencegah sebelum rasa lapar hadir.

Menu-menu bekal menarik dan simpel dapat kita temukan di beberapa akun seleb TikTok, seperti layaknya konten di akun @ashtlmrfh, content creator dengan followers sebanyak 1,2 juta orang ini menyajikan beberapa cara membuat bekal yang lezat dan sehat.

Selain itu, pengelolaan perasaan dan menjauhi rasa stres dalam diri sangatlah penting. Maka dari itu, kita perlu membangun rasa nyaman dan bahagia dalam diri sebagai pencegahan segala macam penyakit, bukan hanya asam lambung.

Untuk itu, penderita penyakit asam lambung perlu mengontrol stres dengan beberapa metode relaksasi seperti latihan pernapasan, meditasi atau yoga.

Penulis: Nurul Fauziyah

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

asam lambung

GERD

penyebab asam lambung


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami