Jurnalistika
Loading...

Fakta Mengejutkan! Ternyata Susah Tidur Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

  • Dea Sunara

    12 Apr 2023 | 20:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi susah tidur. (Freepik)

jurnalistika.id – Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa masalah susah tidur seperti insomnia dapat meningkatkan risiko stroke pada orang dewasa. Kajian tersebut dilakukan oleh para peneliti di Universitas Harvard dan dipublikasikan di jurnal Stroke.

Studi ini melibatkan lebih dari 84.000 orang yang dipantau selama hampir dua dekade. Ditemukan bahwa orang yang mengalami masalah tidur seperti kesulitan tidur, tidur kurang dari enam jam sehari, atau tidur terlalu lama lebih dari sembilan jam sehari. Memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami stroke daripada mereka yang tidur dengan baik.

Susah Tidur Pengaruhi Jantung

Menurut para peneliti, masalah tidur dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena bisa meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Minum Susu saat Sahur, Benarkah Bikin Puasa Jadi Lebih Kuat?

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki masalah tidur selama lebih dari sepuluh tahun. Memiliki risiko stroke yang lebih tinggi. Para peneliti menyarankan untuk menjaga pola tidur yang baik agar mengurangi risiko stroke dan memperbaiki kesehatan jantung secara keseluruhan.

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

Adapun tips untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Bisa dengan menjaga jadwal tidur yang teratur, menghindari kafein dan alkohol sebelum tidur, membuat lingkungan tidur yang tenang dan gelap, serta melakukan relaksasi sebelum tidur seperti meditasi atau yoga.

Namun, para peneliti juga mengatakan bahwa perlu ada penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah pengobatan insomnia dapat mengurangi risiko stroke pada orang dewasa.

Baca juga: Puasa Tanpa Sahur dan Dampak Buruknya bagi Kesehatan dan Produktivitas

Maka dari itu menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke, penting untuk memperhatikan pola tidur dan kualitas tidur yang baik. Dengan menjaga pola tidur yang teratur dan menghindari faktor-faktor yang mengganggu tidur, kita dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Dea

fakta kesehatan

susah tidur


Konten Sponsor

Populer

Link Download PDF Visi Misi 3 Pasangan Capres-Cawapres Pilpres 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami