Jurnalistika

6 Tanaman Obat Keluarga yang Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah

  • Dodik Suprayogi

    06 Des 2021, 04:14 WIB

    Bagikan:

image

Panen Temulawak Dari Pekarangan Rumah. Foto/Dodik

jurnalistika.id – Indonesia dikenal sebagai negara kaya akan tanaman dan rempah yang berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman dan rempah tersebut sebaiknya ada di pekarangan rumah sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Tanaman obat keluarga merupakan jenis ramuan tradisional yang telah terbukti secara ilmiah khasiatnya sebagai pelayanan kesehatan dasar.

Sebagai masyarakat, kita dapat mempersiapkan bahan-bahan obat tradisional dengan cara menanam tanaman obat keluarga di pekarangan rumah sebagai apotek hidup.

Berbagai Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Depan Rumah

Terdapat beberapa tanaman yang secara empiris berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan imun tubuh. Apa saja tanaman itu? Mari kita simak.

1. Jahe

Kandungan utama jahe yaitu vitamin C dan magnesium. Selain itu juga mengandung gingerols, shogaols, dan zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Menurut kajian terbaru oleh Jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes Of Health mengenai khasiat jahe dapat menurunkan kadar gula (glukosa) secara signifikan. Khasiat secara ilmiah jahe dapat meredakan flue dan batuk, meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit persendian.

Jahe secara turun-temurun dikonsumsi dalam bentuk jamu yang dihaluskan atau ditumbuk dan diseduh dengan air hangat, bisa juga dikonsumsi dengan meyeduhnya dalam bentuk wedhang-wedhangan yang dicampur dengan rempah-rempah lainnya.

Tanam jahe di pekarangan rumah menggunakan polybag, isi polybag ukuran sedang (ukuran 40×50 cm) dengan media pupuk kandang, tanah dan sekam atau pasir kemudian campur dengan perbandingan 1:2:3 lalu tanam bibit jahe dengan membuat lubang di tengah polybag.

2. Kunyit

Tanaman ini berkhasiat dalam meningkatkan nafsu makan anak-anak yang mengandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin.

Khasiat dari mengkonsumsi kunyit yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala dan resiko maag, dan meredakan nyeri haid.

Media tanamnya yaitu campuran tanah gembur, kompos dan pupuk kandang (2:1:1). Selanjutnya buat lubang tanam satu bibit satu polybag dengan kedalaman lubang 8 cm. Setelah bibit tertanam jangan lupa untuk menyiramnya dengan air dan pupuk secara berskala.

3. Serai

Tanaman serai mudah tumbuh di pekarangan rumah secara langsung maupun di polybag.

Tanam Serai di polybag dengan menggunakan media tanah gembur, kompos dan pupuk kandang (2:1:1) lalu campur sampai rata kemudian buat lubang tanam untuk menanam bibit serai.

Ingat tanaman serai dapat tumbuh rimbun, jadi usahakan satu polybag hanya untuk satu bibit saja.

Kandungan serai antara lain asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin serta vitamin B, magnesium dan kalium.

4. Cabai Jamu

Cabai jamu merupakan jenis tanaman obat yang kurang familiar bagi masyarakat awam. Padahal khasiatnya cukup luar biasa.

Kandungan piperin, asam palmitik, asam tetrahidropiperik, piperidin, minyak atsiri dan sesamin dalam Cabai Jamu berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Tanaman cabai jamu dapat mengatasi demam, flue, batuk, sakit kepala, sesak nafas, kencing manis dan reumatik. Tanaman cabai jamu tumbuh bersulur seperti tanaman sirih. Sehingga, dalam penanamannya di pekarangan rumah harus ada tiang atau media sebagai panjatannya contohnya bambu.

5. Kumis Kucing

Di balik bunganya yang cantik, kumis kucing menyimpan berbagai khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan senyawa alami dalam kumis kucing meliputi flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid.

Kumis kucing bermanfaat untuk mengobati asam urat, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi rematik.

Selain itu, kumis kucing juga baik untuk mengatasi batu ginjal dan saluran kemih dengan menyeduhnya pakai air hangat.

6. Lidah Buaya

Lidah buayamengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap.

Liddah buaya dapat mengatasai berbagai penyakit seperti membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi dan dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

Bibit lidah buaya tanam di polybag, lalu letakkan di sisi yang mendapatkan sinar matahari yang cukup dan pengairan yang baik.

Baca Juga: Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Masih banyak jenis tanaman rempah-rempah yang sebaiknya ada di pekarangan selain di atas, seperti temulawak, daun mint, seledri, dan binahong.

Semakin banyak jenis tanaman rempah-rempah artinya semakin banyak pula tanaman obat, sehingga membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh dalam menghadapi berbagai macam penyakit.

kesehatan

Tanaman Obat Keluarga

toga


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami