Jurnalistika
Loading...

4 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Saat Puasa Ramadhan 2023, Menurut Ahli

  • Arief Rahman

    24 Mar 2023 | 15:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi makanan yang perlu dihindari saat puasa Ramadhan 2023 (Pixabay/jenlly)

jurnalistika.id – Terdapat sejumlah jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur maupun ketika buka puasa Ramadhan 2023. Karenanya, cobalah untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi hidangan agar kesehatan tetap terjaga.

Mengingat ketika menjalani ibadah puasa perut akan berada dalam keadaan kosong selama lebih dari 12 jam. Selama itu juga perut perlu diisi dengan makanan sehat waktu sahur, serta akan membutuhkan adaptasi secara perlahan saat berbuka.

Mengkonsumsi makanan tidak sehat apalagi secara berlebihan ketika berbuka, kemungkinan akan mendatangkan masalah kesehatan di kemudian hari. Begitu juga ketika sahur, bisa jadi akan berpengaruh terhadap energi tubuh terlebih bagi mereka yang harus puasa sambil menjalani aktivitas melelahkan seharian.

4 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Saat Puasa Ramadhan 2023

Berikut deretan jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan buka puasa Ramadhan 2023, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Makanan Tinggi Garam

Menurut dr Eva Kurniawati, M.Gizi, Sp.GK selaku dokter spesialis gizi klinik di Rumah Sakit PELNI, makanan yang mengandung kadar garam tinggi bisa mengganggu puasa Ramadhan. Pasalnya, jenis ini dapat membuat tubuh merasa sangat haus di siang hari.

Baca juga: 7 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan yang Harus Diketahui!

“Makanan asin yang umum dimakan saat sahur antara lain mie instan. Makanan olahan seperti keripik, (dan) makanan kaleng,” kata Eva, Jumat (24/3/2023) dikutip dari Antara.

2. Makanan Tinggi Lemak

Tidak hanya makanan tinggi garam, hidangan dengan kandungan lemak tinggi dan lemak trans juga perlu dihindari saat sahur maupun berbuka puasa. Makanan jenis ini umum biasanya diolah dengan cara digoreng serta mengandung santan yang dipanaskan berulang kali.

Menurut Eva, makanan tinggi lemak dapat menyebabkan waktu transit di lambung lama. Kemudian berpotensi menimbulkan kembung, memperparah asam lambung dan jumlah kalori yang sangat besar.

“Sehingga peningkatan risiko untuk kenaikan berat badan selama Ramadhan,” ungkapnya.

3. Makanan Gula dan Pedas

Selanjutnya, Eva menjelaskan makanan gula sederhana dan makanan pedas juga termasuk dalam daftar hidangan yang perlu dihindari. Sebab, gula sederhana dapat membuat orang merasa sangat lesu, bahkan hanya berselang satu atau dua jam setelah sahur.

Sementara makanan pedas dapat mengiritasi lambung dan memicu masalah pada pencernaan saat berpuasa. Dalam kondisi ini biasanya seseorang akan merasa tidak nyaman seharian.

4. Minuman Berkafein 

Selain makanan, minuman berkafein juga perlu dihindari selama puasa Ramadhan 2023. Eva mengatakan, agar seseorang kuat berpuasa sebaiknya menghindari minuman jenis ini, karena memiliki efek diuretik yang meningkatkan risiko dehidrasi.

“Selain itu, Anda dianjurkan tidak makan berlebihan dengan porsi protein, vitamin dan karbohidrat yang seimbang,” tutur Eva.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

makanan

Puasa Ramadhan

ramadhan 2023


Konten Sponsor

Populer

Angin Puting Beliung Ngamuk di Rancaekek-Jatinangor, BMKG Beri Penjelasan
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami