Jurnalistika
Loading...

Ini 5 Budaya dan Tradisi Unik Korea Selatan, Sudah Tahu?

  • Novi Ardila

    10 Mei 2022 | 22:53 WIB

    Bagikan:

image

Seorang perempuan sedang menari dan mengenakan pakaian khas Korea Selatan (Foto: zero take on unsplash)

jurnalistika.id – Di samping dunia hiburan seperti K-Pop dan K-Drama yang kepopulerannya mampu menjadi “demam” ke seluruh dunia. Korea Selatan juga terkenal sebagai negara maju dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Selain itu, Korea Selatan juga menjadi tujuan wisata favorit yang kental dengan budaya setempat.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Negeri Ginseng ini tidak hanya atas keberhasilan industri entertaint-nya. Namun juga karena budaya Korea Selatan yang unik.

Nah, bagi kamu yang berencana hendak berwisata ke Negeri Ginseng, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui kebudayaan Korea Selatan.

Apa Saja Budaya Unik di Korea Selatan?

Berikut ini 5 budaya di Negeri Ginseng paling unik yang wajib kamu tahu!

1. Berbahasa

Tak banyak yang mengetahui bahwa Korea Selatan memiliki tujuh bahasa untuk melakukan komunikasi. Biasanya, bagi pemula hanya menggunakan tiga tingkatan dalam kehidupan sehari-hari.

Tiga tingkatan tersebut berupa sopan (haeyo), formal (psyche), serta informal (haechi). Bahasa formal biasanya mereka gunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, orang berpangkat tinggi, atau orang asing.

2. Hanok

rumah budaya korea selatan

Tidak hanya di Indonesia yang memiliki rumah adat unik, Korea Selatan ternyata juga memiliki rumah adat berbentuk interior unik. Rumah adat Korea Selatan terkenal bernama Hanok.

Dari segi arsitektur, Hanok cenderung artistik sehingga banyak orang yang suka dengan rumah adat ini. Hal ini juga yang membuat pemerintah Korea Selatan melakukan pemugaran pada beberapa desa.

3. Hanbok

pakaian unik yang jadi budaya korea selatan

Hanbok merupakan istilah untuk menyebut pakaian tradisional Korea Selatan. Biasanya, pakaian ini menggunakan warna-warna yang cerah. 

Hanbok saat ini sering masyarakat gunakan untuk berbagai kegiatan seperti pertemuan keluarga, festival budaya, sampai acara pernikahan.

4. Nakji

makanan korea

Budaya Nakji adalah salah satu budaya orang Korea Selatan yang memakan gurita hidup-hidup. Gurita tersebut masih hidup dan mereka potong kecil-kecil dengan taburan biji wijen.

Walaupun terlihat ekstrem tetapi budaya ini masih sering masyarakat Korea lakukan. Namun, perlu kamu ingat jika ingin mencobanya harus hati-hati karena bagi pemula biasanya tidak bisa menelannya. 

5. Festival Lumpur

festival lumpur di korea

Salah satu festival yang paling sering masyarakat Korea lakukan setiap setahun sekali adalah Boryeong Mud Festival. Festival ini biasanya menggunakan lumpur untuk memeriahkannya dan mandi bersama.

Masyarakat Korea Selatan mempercayai bahwa lumpur termasuk bahan yang baik untuk kulit. Festival ini sudah mereka lakukan sejak tahun 1988 saat ini. 

Itulah 5 budaya Korea Selatan unik untuk kamu ketahui, tertarik untuk mengunjunginya?

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

budaya korea selatan

Drakor

K-Pop

Korea Selatan


Konten Sponsor

Populer

Angin Puting Beliung Ngamuk di Rancaekek-Jatinangor, BMKG Beri Penjelasan
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami