Jurnalistika
Loading...

Mengenal Partai Prima yang Menang Gugat KPU Tunda Pemilu

  • Arief Rahman

    03 Mar 2023 | 15:25 WIB

    Bagikan:

image

Logo Partai Prima (Dok. Prima)

jurnalistika.id – Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) memenangkan gugatannya terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah dikabulkan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus). Partai Prima kemudian menjadi ramai diperbincangkan publik di media sosial.

Bahkan per Jumat, (3/2/2023) kata kunci “Partai Prima” masuk trending topic Twitter Indonesia. Terakhir dipantau Jurnalistika, terdapat lebih dari 5 ribu cuitan pengguna menggunakan nama rumah politik tersebut.

Faktor pemicu Partai Prima menjadi hangat diperbincangkan warganet lantaran gugatannya berujung pada putusan PN Jakarta memerintahkan KPU menunda Pemilu 2024. Padahal sebelumnya pesta demokrasi yang salah satunya memilih calon Presiden sudah ditetapkan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Mengenal Partai Prima

Partai Rakyat Adil Makmur merupakan partai politik Indonesia yang mendeklarsikan diri pada 1 Juni 2021. Namun partai ini sudah berdiri sejak 20 Juli 2020, sejak membentuk diri mereka terus bekerja keras untuk memenuhi berbagai syarat agar menjadi partai politik yang sah.

Baca juga: Banyak Tak Setuju, Arief Poyuono Justru Dukung Pemilu Ditunda

Kementarian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI kemudian mengesahkannya sebagai partai politik pada tahun 2020. Lalu setahun kemudian mendeklarasikan diri serta menyatakan akan berjuang menuju masyaratak adil makmur.

Prima menawarkan politik kesejahteraan dan akan menjadi partai berwatak kerakyatan, dengan mengusung ideologi Pancasila, osisalisme demokratis, nasionalisme sipil, progresivisme, dan populisme.

Sementara landasan politik mereka ada tiga, yakni kebangsaan, religius dan kerakyatan. Untuk mewujudkan langkahnya, Prima juga menyatakan akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda untuk terlibat menentukan masa depan bangsa.

Kemudian, cita-cita politik Prima secara garis beras adalah mewujudkan kesejahteraan sosial, demokreatis, kesejahteraan Gender dan menghargai lingkungan. Sedangkan pengurusnya juga diisi oleh bebapa orang yang cukup familiar.

Struktural Pengurus Partai

Dalam struktural Partai Prima terdapat Ketua Mejelis Pertimbangan Parta (MPP) yang dijabat oleh R Gautama Wiranegara. Sementara Ketua Umumnya dipegang oleh Agus Jabo Priono.

Agus Jabo Priyono sebelumnya dikenal sebagai Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD). Dia juga dikenal sebagai salah satu aktivis dalam gerakan reformasi 1998. 

Selain kedua tokoh tersebut, berikut telah dirangkum susunan pengurus Partai Prima.

  • Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP): R Gautama Wiranegara 
  • Ketua Umum: Agus Jabo Priyono 
  • Sekretaris Jenderal: Dominggus Oktavianus 
  • Bendahara Umum: Diena Charolin Mondong 
  • Wakil Ketua Umum: Alif Kamal, Maaruf Asli Bhakti dan Wahida Baharuddin Upa 
  • Wakil Sekretaris Jenderal: Rini Hartono, Rudi Hartono 
  • Wakil Bendahara Umum: Minaria Christyn Simarmata dan Kelik Ismunanto 
  • Juru Bicara: Farhan Abdillah Dalimunthe, Samsudin Saman, Fentia Budiman, Arkialos Baho, Intan Nurbakti, Mesak Habary

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

KPU

partai prima

Pemilu 2024

PN Jakarta Pusat


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami