Jurnalistika
Loading...

Selain Rendang, Ini 7 Makanan Khas Padang yang Tak Kalah Nikmat

  • Jurnalistika

    05 Okt 2023 | 15:25 WIB

    Bagikan:

image

Masakan padang khas Padang, asam padeh. (Youtube Rudy dan Sahabat TV)

jurnalistika.id – Rendang telah lama menjadi makanan khas Padang populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Namun, selain santapan yang identik dengan bumbu rempahnya itu, ternyata masih banyak kuliner khas Minangkabau yang tidak kalah nikmat.

Beberapa makanan khas Padang yang tidak kalah nikmat itu pun bisa didapatkan tanpa harus datang ke Sumatera Barat. Karena, layaknya rendang, sajian kuliner tersebut juga tersedia di restoran masakan Padang.

7 Makanan Nikmat Khas Padang Selain Padang

Berikut tujuh makanan khas Padang, Sumatera Barat, yang tidak kalah nikmat dari rendang dan wajib dicicipi.

1. Dendeng Balado

Dendeng Balado Padang. (Cookpad/Marlina Rosa)

Mungkin namanya memang terdengar familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi dendeng balado yang merupakan olahan daging sapi dari Padang ini memiliki cita rasa khas. Terutama pada bumbu balado yang sangat kental dengan rempah-rempah serta rasa pedas yang menggoyang lidah.

2. Gulai Tauco

Gulai Tauco Padang. (Cookpad/desmawati kuretangin)

Gulai tauco ala masakan Padang sangat wajib dicicipi penggemar kuliner Minangkabau. Terbuat dari tauco yang dikombinasikan dengan berbagai rempah-rempah khas daerah yang terkenal dengan legenda Malin Kundang itu.

Baca juga: 6 Daerah di Indonesia Pemilik Makanan Khas yang Jarang Diketahui

Isian gulai tauco biasanya berupa buncis yang dipotong-potong, ditemani tahu dan tidak jarang terdapat campuran ikan. Kombinasi tersebut membuat makanan ini menjadi semakin nikmat.

3. Kalio Dagiang

Makanan Kalio Daging. (Dok. hypermart.co.id)

Sekilas mungkin terlihat seperti rendang, tetapi tentu saja tidak sama. Perbedaannya terletak pada kepekatan bumbu dan Kalio Dagiang biasanya lebih berkuah.

4. Asam Padeh

masakan khas padang
Masakan padang khas Padang, asam padeh. (Youtube Rudy dan Sahabat TV)

Berikutnya, asem padeh juga tidak kalah nikmat dari rendang. Makanan khas Padang ini juga unik, karena kuahnya tidak menggunakan santan melainkan air yang sudah diolah dengan resep khas. Biasanya bahannya menggunakan ikan mas dan tongkol.

5. Dendeng Batokok

Makanan khas Padang yang wajib dinikmati selanjutnya adalah dendeng batokok. Sajian yang biasa ditemukan di Kota Sawahlunto ini adalah olahan dari daging sapi yang dilumuri minyak kelapa. Dendeng batokok sering ditemani nasi, sambal dan aneka sayur.

6. Soto Padang

Soto menjadi salah satu makanan yang banyak ditemui di daerah-daerah Indonesia, dan Padang menjadi tempat yang juga memiliki resep dalam pengolahannya. Terbuat dari irisan daging sapi dan memiliki cita rasa gurih yang khas.

7. Gulai Itiak

Terakhir, gulai itiak sangat wajib kamu coba jika berkunjung ke restoran masakan atau sedang jalan-jalan ke Padang. Makanan ini terbuat dari bebek (itiak) yang kaya akan bumbu serta memiliki rasa gurih. Tentu saja aroma amisnya tidak terasa.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

Makanan Khas

Makanan khas Padang

Minangkabau


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami