Jurnalistika

4 Objek Wisata Penuh Pesona Ini Tersembunyi di Pulau Bawean, Gresik

  • Yogi Walagri

    16 Mei 2022, 08:34 WIB

    Bagikan:

image

Anak-anak bermain di pantai Pulau Bawean (Foto: Yogi)

jurnalistika.id – Berada sekitar 120 kilometer (KM) dari pusat Kabupaten Gresik, Pulau Bawean menyimpan potensi wisata alam yang menarik untuk kamu kunjungi.

Keindahan alam yang Pulau Bawean tawarkan tidak kalah indah dengan beberapa pulau yang sudah kesohor seperti Karimun Jawa atau Kepulauan Seribu.

Bisa dikatakan, pulau Bawean adalah destinasi wisata tersembunyi di Kabupaten Gresik. Hal itu karena pulau seluas 197 KM ini belum begitu tereksplose.

Baca juga: Curug Sentral, Wisata Alam Alternatif di Sukabumi Selain Pantai Pelabuhan Ratu

Jika dilihat dari atas, pulau Bawean seperti hamparan pasir yang mengambang di tengah samudera yang jernih.

Menariknya, pulau ini juga mendapat julukan sebagai Pulau Putri karena penduduk setempat mayoritas perempuan. Sedangkan laki-laki mudanya bekerja ke luar pulau bahkan ke luar negeri.

Di negeri Jiran Malaysia, orang Bawean dikenal dengan istilah orang Boyan.

Transportasi dan Tiket Masuk ke Pulau Bawean

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Terdapat dua kecamatan di Pulau Bawean, yaitu kecamatan Sangkapura dan kecamatan Tambak.

Terdapat dua pilihan transportasi jika kamu ingin mengunjungi dan berlibur ke Pulau Bawean. Yakni lewat transportasi udara dan kapal laut.

Jika lewat jalur udara bisa menggunakan pesawat terbang Sushi Air dari Bandara Juanda di Surabaya. Adapun jika melalui laut bisa lewat Pelabuhan Gresik atau Pelabuhan Paciran di Kabupaten Lamongan.

Bila menggunakan kapal laut via Pelabuhan Gresik bisa menggunakan kapal cepat Natuna Express atau Express Bahari dengan harga RP 170 Ribu hingga RP 220 Ribu. Perjalanan dari sana ke Pulau Bawean membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Kemudian, bagi kamu yang ingin membawa kendaraan pribadi, kalian dapat menyewa kapal KMP Gili Iyang dari Pelabuhan Paciran dengan tarif RP 95 Ribu untuk 1 motor. RP 75 Ribu untuk Dewasa, dan RP 50 Ribu untuk anak-anak.

4 Objek Wisata di Pulau Bawean

Selain bermain di pasir putihnya, wisatawan yang berkunjung ke sini juga dapat menikmati keindahan alam bawah laut, memberi makan rusa, hingga bermain di air terjun. Berikut beberapa objek wisata di Bawean:

1. Danau Kastoro

pulau bawean gresik
Panorama alam di Danau Kastoro (Foto: Yogi)

Danau kastoba berlokasi di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak. Untuk mengakses lokasi yang berada di atas bukit ini, traveler harus melakukan tracking sekitar 30 menit dari lokasi parkir kendaraan.

Di sekeliling danau kastoba yang rindang oleh dedaunan dari pohon menjadikan suasana danau ini masih sangat sejuk.

2. Air Terjun Laccar

Berfoto di bawah Curug Laccar (Foto: Yogi)

Air Terjun Laccar berlokasi di Desa Kebun Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura. Ketinggian air terjun laccar sekitar 25 meter yang di antara tebing dan pohon yang masih cukup rimbun.

Untuk bisa sampai ke sini pun tidak terlalu sulit, traveler cukup berjalan kaki dari lokasi parkir sekitar 10 menit.

3. Penangkaran Rusa Bawean

rusa pulau bawean
Rusa Bawean (Foto: Yogi)

Rusa adalah salah satu hewan endemik di Pulau Bawean. Ukuran tubuhnya yang mungil, menjadikan rusa bawean sebagai rusa yang unik. Selain itu, rusa bawean jadi salah satu hewan kebanggaan masyarakat bawean. Saat acara Asian Game, rusa ini menjadi salah satu maskotnya.

Kemudian, luas penangkarannya sekitar 4 hektar. Penangkaran yang cukup luas dan tidak terlalu membatasi ruang gerak rusa-rusa yang ada di sini.

Untuk jenis rusa ini, kalian hanya dapat melihatnya di Bawean.

4. Pulau Cina Bawean

pulau bawean
Perahu Nelayan di Pulau Cina (Foto: Yogi)

Pulau cina menjadi salah satu pulau atau gili yang memiliki spot terbaik, untuk yang hobby berkegiatan di dalam air seperti diving dan snorkeling. Mata kalian akan dimanjakan oleh keindahan terumbu karang yang ada di pulau Cina.

Baca juga: Libur Lebaran, 4 Juta Orang Diprediksi Kunjungi Wisata di Sukabumi

Untuk sampai ke pulau Cina, kalian harus menyebrang dengan menggunakan perahu. Lokasinya berada di Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak.

Bagaimana? tertarik mengunjungi Pulau Bawean akhir pekan ini? Jangan lupa bawa kembali sampahmu, ya!

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

Destinasi wisata

pulau bawean

pulau bawean gresik

wisata alam


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami