Jurnalistika

Curug Sentral, Wisata Alam Alternatif di Sukabumi Selain Pantai Pelabuhan Ratu

  • Firmansyah

    06 Mei 2022, 14:42 WIB

    Bagikan:

image

Curug Sentral Jayanegara Sukabumi (Foto: jurnalistika)

jurnalistika.id – Antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan momentum libur Lebaran Idulfitri dengan berwisata ke Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi begitu tinggi. Bahkan, Kepolisian setempat memprediksi jumlah kunjungan ke Pantai selatan itu akan mencapai 4 juta wisatawan.

Dan memang, arus lalu lintas menuju kawasan wisata Pelabuhan Ratu di hari kedua pasca lebaran Idulfitri 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Tak ayal, ribuan wisatawan tersebut harus rela mengantri dan terjebak macet dengan kendaraan tidak bergerak berjam-jam untuk mencapai Pantai.

Karena alasan itu, bagi anda yang ingin mengisi waktu libur lebaran dengan pergi ke Pantai Pelabuhan Ratu sebaiknya pikir-pikir terlebih dahulu. Dan untuk anda yang udah kadung di jalan, wisata alam Curug Sentral berikut bisa jadi pilihan alternatif daripada ke pantai.

Lokasi Curug Sentral Jayanegara

Curug Sentral Jayanegara Sukabumi
Wisatawan berpose di Curug Sentral Jayanegara (Dok: Instagram @nissaap)

Curug Sentral Jayanegara terletak di kampung Pondok Beureum, Kabandungan, Kabupaten Sukabumi tepatnya di area PT perkebunan teh Assam Jayanegara Indah.

Rute

Untuk mencapai Curug Central, dari jalan raya Cibadak arahkan kendaraan ke Cikidang. Setelah itu nanti akan ada persimpangan ke arah Kalapa Nunggal, dari sana kendaraan anda arahkan ke Kabandungan.

Dari pusat kabupaten Sukabumi, Jaraknya tidak terlalu jauh, yakni sekitar 35 kilometer (KM) ke arah selatan dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Keindahan Curug Sentral

Obyek wisata ini menawarkan keindahan 7 Air Terjun dari satu aliran sungai yang di sekelilingnya rindang oleh hijau tumbuhan.

Karena belum banyak yang mengetahui, Curug Sentral suasananya sangat alami, cocok bagi anda yang ingin healing.

Curug ini memiliki air yang bersih dengan warna hijau dan tidak keruh. Berenang atau sekedar main air di sini tentu akan membuat tubuh kembali segar setelah melalui perjalanan treking selama sekitar setengah jam.

Fasilitas dan Tarif Masuk

Pengelola Curug Sentral sudah cukup memadai dalam melayani kunjungan wisatawan. Terdapat lahan parkir yang cukup luas dengan tarif Rp2000 untuk motor dan Rp5000 untuk mobil yang berada di Perkampungan warga.

Sebelum mencapai lokasi Curug, dari tempat parkir, wisatawan akan melewati jalan setapak sejauh kira-kira 500 meter. Mungkin cocok bagi anda yang hobi treking. Di samping itu, jangan khawatir, pemandangan sekitar yang indah dengan perbukitan teh membuat perjalanan menuju curug tidak akan terasa.

Trek ke Curug Sentral Jayanegara Sukabumi
Jalan setapak di antara bukit perkebunan teh Jayanegara (Dok: Instagram @nissaap)

Nah itulah, tempat wisata alam alternatif di Sukabumi selain ke Pantai Pelabuhan Ratu. Jangan lupa memasukkan Curug atau Air Terjun Sentral Jayanegara ke dalam daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi, ya!

*Catatan: di sekitar Curug banyak monyet ekor panjang yang kerap usil, pengunjung harus hati-hati menjaga barang bawaan.

curug

Curug Sentral Jayanegara

wisata alam

Wisata sukabumi


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami