Jurnalistika
Loading...

Pesona 3 Danau Indah di Timur Indonesia

  • Anton Fathoni

    02 Feb 2023 | 08:00 WIB

    Bagikan:

image

Danau Kelimutu (instagram @danauKelimutu_danautigawarna)

jurnalistika.id – Dengan air jernih dan pemandangan alam yang indah, danau di Indonesia adalah tempat sempurna untuk menikmati liburan yang tenang dan damai. Danau-danau itu pun memiliki keelokan dan ciri khas sendiri yang melambangkan identitasnya.

Tentu hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi geografis di mana danau ini berada. Selain itu, setiap danau juga memiliki nilai mitologis unik tentang asal-usulnya.

Danau Indah di Timur Indonesia

Ada beberapa danau yang memang memiliki daya tarik lebih ketimbang danau lainnya. Uniknya kebanyakan danau yang sangat indah berada di timur Indonesia. Apa saja danau tersebut? yuk kita simak

1. Danau Kelimutu

Terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kab. Ende, Flores Nusa Tenggara Timur. Danau ini dijuluki danau tiga warna karena danau di satu kawasan terbagi menjadi tiga dipisahkan oleh sekat bukit terjal. Warna setiap danau berbeda beda ada yang berwarana biru, putih dan merah.

Namun warna ini tidak konstan. Warna bisa saja berubah ubah seiring berjalannya waktu. Dan menurut kepercayaan warga setempat, warna tersebut memiliki makna magis dan mengandung kekuatan.

Danau ini merupakan jenis danau vulkanik karena terletak dikawah dekat puncak, letaknya digunung Kelimutu. Gunung ini merupakan jenis gunung berapi, dengan ketinggian 1.639 m. merupakan jenis gunung Stratovolcanao. dan menyandang status gunung yang aktif.

Dari atas tampak lingkungan sekitar sangat hijau dengan rimbunnya pepohonan yang masih asri. untuk mencapai danau ini kamu akan melewati tangga setapak yang diiringi pagar.

Danau ini sudah terkenal baik domestik hingga luar negri, banyak Artis lokal dan turis asing yang hadir ke sini pada hari liburan. Mereka mengakui keindahan danau ini yang sangat luar biasa, Mereka takjub dengan keindahan alam dari danau kelimutu ini.

2. Danau Beratan

Bali memang memiliki daya tarik sendiri. Pulau dewata ini memang sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia bahkan luar negri yang menonjolkan keindahan Alamnya, Mungkin yang paling terkenal diantaranya adalah Pantainya. Ternyata ada juga wisata Alam danau dari bali yang enggak kalah menarik loh.

Danau Beratan namanya, letaknya di kawasan bedugal, Bali. Danau ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat bangunan pura yag diberi nama Ulun Danu, di dekat tepinya yang menjorok ke arah danau. Disekitaran banyak ditanam bunga, dan rumputan hijau yang semakin mempercantik danau.

Banyak Water spot yang ditawarkan diantaranya Paraseling, jetski dan banana boat. Untuk kamu yang tidak suka oalahraga air bisa kok kamu memancing di sekitaran danu ini. Fasilitas yang ditawarkan berupa penginapan, restoran, tepat bermain yang cocok banget ketika kamu ingin brlibur dalam jangka waktu yang cukup lama dari luar pulau bali.

3. Danau Sentani

Lari ke ujung Timur Indonesia yaitu Pulau papua, Ternyata ada juga yang menawarkan keindahan alam berupa danau. Danau sentani berlokasi dibawah lereng pegunungan Cagar Alam Cylclops, Jayapura Papua.

Papua selain terkenal dengan Raja Ampatnya, Danau sentani juga tak kalah indah dengan danau lainnya. Keindahan danau ini antara lain bayak pulau kecil disekitar danau ini, bukit yang terlihat menjulang naik turun dengan hijaunya tanaman yang menyelimutinya.

Danau merupakan salah satu kekayaan alam yang kita punya. Kita patut berbangga karena kita lahir di tanah indonesia yang terkenal dengan kendahan alamnya. Kita patut menjaga keasrianya dengan tidak membuang sampah sembarangan, merusak fasilitas dan merusak tanaman di sekitar lingkungan danau, apabila kita berkunjung ke sana.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

Penulis: Anton Fathoni (Internship)

danau di indonesia

Destinasi wisata

wisata alam

wisata danau


Populer

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap Fase Grup Euro 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami