Jurnalistika

Pengusaha Risoles Sukses ini Bagikan Tips Masak Supaya Jualan Laris

  • Ratu Masrana

    20 Des 2021, 12:56 WIB

    Bagikan:

image

Risoles Frozen (Foto: Ctreemagz)

jurnalistika.id – Banyak orang yang banting setir dalam hidupnya. Tak terkecuali Ratna Puja Mustika. Sudah dua tahun, Alumni keperawatan ini malah fokus usaha kuliner. Ratna menjadi pengusaha risoles frozen dengan brand Mustika Frozen.

Berawal hanya iseng sembari nunggu sertifikat dan ijazah yang belum keluar, istri dari Dachsyat Andi Mahameru ini mulai menekuni usaha risoles.

Seingatnya, kegiatan membuat risoles sudah dimulai selepas lahiran anak keduanya tahun 2013. Malah, ia sempat punya tim. 2 Asisten dan 1 marketing.

“Awalnya lancar dengan pengiriman awal 10 box/day. 1 box isinya 25 pcs risoles. Satuannya seharga 1500,” kenang wanita Sunda berusia 35 tahun ini.

Mustika Frozen

Sebelum menjadi risoles frozen seperti sekarang ini, dulu wanita manis ini memulainya dengan membuat risoles isi dalam bentuk siap saji, di kampung halamannya, Majalaya.

“Karna kurang menguasai marketing jadi usaha yg berjalan pada saat itu ga berlangsung lama. Karna marketingnya ga jujur.  Alhasil berhenti,” imbuhnya.

Lalu ia memutuskan untuk menetap di Jakarta bersama suaminya.

“Setelah dua tahun di Jakarta, karna suami memutuskan untuk bekerja ke Papua,  aku sama anak-anak balik ke Majalaya dan akhirnya menetap di sini.” ujarnya.

Setelah vakum terlalu lama, tepatnya pada tahun 2019 ia mencoba memberanikan diri untuk merintis kembali usaha kuliner dengan membuat risoles dalam bentuk frozen. Dengan berbagi varian seperti risoles rogut original dan rogut pedas, smoked beef mozarella, pisang keju coklat, suir ayam pedas dan beef mayo.

“Alhamdulillah respon orang-orang pada bagus, dan bikin lebih semangat lagi.” ungkapnya.

Harga, Kendala dan Pandemi

Ratna menjelaskan bahwa satu box risoles frozen mulai dari 15 ribu sampai 30 ribu.

Dalam menerima pesanan juga ia masih kekurangan pegawai. Tak jarang Mamanya membantu memenuhi order pelanggan yang makin hari makin banyak.

“Produk Mustika untuk sementara ada aneka varian risoles dan samosa frozen. Ke depannya pengen buat biterballe, pastel, bakpao dan dimsum,” ungkapnya bersemangat.

Wanita yang memiliki motto “terus semangat, terus berusaha, dan terus berjuang” ini mengaku, bisnisnya diuntungkan dengan adanya pandemi ini.

Sejak pandemi bisnisnya perlahan berkembang dari jumlah pesanan. Diakuinya para pelanggan merasa praktis karena tidak perlu ribet hanya tinggal goreng saja sebagai camilan untuk teman minum teh atau kopi.

“Dalam usaha itu, kuncinya harus fokus dan sabar. Jangan lupa kerja keras. Alhamdulillah teman-teman ikut bantu marketingin (masarin). Aku bersyukur banget dan ngga akan menyerah meski aku akui bisnis ini tidak mudah,” paparnya.

Sebelum menutup wawancara, penyuka warna coklat ini membagikan tips memasak bagi para pecinta aktifitas dapur.

Berikut 4 tips memasak ala pengusaha Risoles Mustika Frozen:

  1. Masak pakai hati. Seperti pekerjaan lainnya, libatkan hati saat melakukannya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil masakan. Tanpa hati sama dengan masakanmu terasa hampa.
  2. Masak hanya ketika kamu gembira. Ketika lagi badmood mending tidak usah memasak. Perasaanmu akan tergambar pada rasa masakan yang kamu hasilkan.
  3. Saat memasak feelnya harus kuat. Memasak adalah seni mencipta rasa nan lezat. Keindahan perasaan yang tertumpah pada hasil racikanmu, mempengaruhi cita rasa bahkan aroma masakanmu.
  4. Mulailah dengan bismillah. Masakan hanya akan enak ketika ia diijinkan menjadi lezat oleh Sang Maha Koki, Allah SWT. Resep yang mumpuni tak akan berarti apa-apa jika kamu tidak pasrah kepada Sang Pemilik Aroma.

Baca Juga:

forzen Food

pengusaha sukses

risoles

Tips N Trick