Jurnalistika

Libur Lebaran, 4 Juta Orang Diprediksi Kunjungi Wisata di Sukabumi

  • Firmansyah

    03 Mei 2022, 20:10 WIB

    Bagikan:

image

Pantai Ujung Genteng pada Selasa (3/2/22) mulai dipadati pengunjung (Foto: Aldi/jurnalistika)

jurnalistika.id, Sukabumi – Jumlah wisatawan dari berbagai daerah yang akan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Sukabumi, Jawa Barat diprediksi mencapai 4 juta jiwa.

Menurut Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah, wisatawan yang berkunjung ke beberapa objek wisata itu akan melonjak imbas kelonggaran dari Pemerintah yang memperbolehkan masyarakat merayakan Lebaran idulfitri 2022 di kampung halaman.

“Kemungkinan pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini jumlah wisatawan yang datang ke beberapa objek wisata alam khususnya pantai melonjak. Karena pemerintah memberikan kelonggaran kepada warga untuk merayakan lebaran di kampung halamannya (mudik),” kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah, seperti dikutip Antara, Selasa (3/5/22).

Dedy memperkirakan, kedatangan wisatawan ke Kabupaten Sukabumi mulai H+2 lebaran atau pada Rabu (4/5/22).

“Wisatawan yang datang kemungkinan banyak dari luar daerah seperti wilayah Jabodetabek, Bandung dan lainnya. Untuk pengamanan kami pun sudah menyiagakan personel gabungan lokasi wisata,” tambahnya.

Salah satunya melakukan rekayasa arus lalu lintas menuju objek wisata Pantai Palabuhanratu. Tepatnya di Simpang Gunungbutak, Kecamatan Palabuhanratu yang merupakan pintu masuk dan keluar wisatawan.

“Rekayasa arus lalu lintas tersebut untuk mengatur keluar dan masuk kendaraan wisatawan, sehingga tidak saling bertemu,” kata Dedy.

Katanya lagi, personel gabungan pun sudah disiagakan di jalur-jalur menuju objek wisata. Khususnya yang mengarah ke wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu, seperti Jalur Cikidang. Simpangaratu di Kecamatan Cibadak. Serta simpang tiga Cikembar dan Simpang Bagbagan.

Sementara itu, wisatawan lokal dari Parungkuda, Sukabumi yang berkunjung ke Ujung Genteng pada Selasa (3/4/22), Aldiawan melaporkan, kawasan wisata itu mulai ramai pengunjung yang menginap.

Sepanjang jalan pun sudah mulai terdapat titik macet. Namun, kata Aldi, rute ke arah Jampang ramai lancar.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

Geopark Ciletuh

Kapolres Sukabumi

Sukabumi

Ujung genteng

Wisata sukabumi


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami