Jurnalistika

Jembatan Gantung, Objek Wisata Favorit di Situ Gunung Sukabumi

  • Firmansyah

    26 Apr 2022, 02:26 WIB

    Bagikan:

image

Jembatan Gantung Sukabumi (Dok: Instagram @grahitarezhi)

jurnalistika.id – Melancong ke Sukabumi nampaknya tidak akan lengkap kalau tidak mengunjungi wisata alam Situ Gunung. Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Situ Gunung memiliki beberapa objek wisata menarik. Mulai dari Jembatan Gantung, Curug, kawasan perkemahan, hingga penginapan.

Dari beberapa objek wisata di atas, Jembatan Gantung (Suspension Bridge) Situ Gunung menjadi objek wisata favorit. Jembatan ini memiliki panjang 243 meter dan berada di ketinggian 107 meter dari permukaan tanah. Laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut, Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

Jembatan yang terbuat dari bahan Kayu Ulin itu diresmikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pada Maret 2019.

Baca juga: Mau Traveling Saat Puasa? Simak Dulu 6 Tips Ini

Untuk memasuki kawasan Situ Gunung, wisatawan akan melalui proses registrasi pendataan diri dengan scan QR Code dan mencuci tangan di area yang sudah disediakan. Setelah itu, membeli tiket di bagian resepsionis.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Situ Gunung Sukabumi

situ gunung sukabumi
Pintuk masuk Jembatan Situ Gunung (Dok: Instagram @grahitarezhi)

Situ Gunung berlokasi di desa Gunung Pangrango, kecamatan Kadudampit, kabupaten Sukabumi. Untuk memasuki kawasan ini, pengelola mematok harga Rp 50.000 untuk pengunjung dewasa. Sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun Rp. 25.000. Harga tiket tersebut sudah termasuk akses ke danau Situ Gunung.

Kawasan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB untuk Senin-Jumat, sementara Sabtu dan Minggu mulai buka pada pukul 07.00-17.00 WIB.

Untuk mencapai Jembatan Gantung, wisatawan akan melalui track berbatu yang di sekelilingnya rimbun pepohonan. Suasana sejuk dan dingin akan menemani perjalanan selama berjalan-jalan di Situ Gunung.

Saat di Jembatan, wisatawan tidak perlu khawatir jatuh karena jembatan sangat aman. Selain itu, petugas akan memasang sabung pengaman sebagai bagian dari standar keselamatan.

Jika selama berada di jembatan terjadi guncangan, wisatawan dapat mengaitkan sabuk ke rem di tepi jembatan agar posisi tetap seimbang.

Baca juga: 7 Rekomendasi Air Terjun Eksotis di Geopark Ciletuh Sukabumi

Jembatan Gantung Situ Gunung menghubungkan wisatawan ke Curug Sawer. Setibanya di ujung jembatan, pengunjung perlu berjalan sekitar 1 km atau kurang lebih 30 menit.

Tidak hanya menikmati pemandangan alam dan sejuknya udara khas Sukabumi, Jembatan ini juga menjadi spot keren untuk berswafoto bersama keluarga atau orang terkasih.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Jembatan Gantung di Situ Gunung Sukabumi di musim libur Lebaran Idulfitri 2022 ini? patuhi prokes dan jangan buang sampah sembarangan, ya!

jembatan gantung sukabumi

situ gunung

wisata alam

Wisata sukabumi


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami