Senin, 23 Mei 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Kampung Konservasi Rimbun, Tempat Kuliner Asri di Tangerang Selatan

  • Firmansyah

    20 Mar 2022, 22:03 WIB

    Bagikan:

image

kampung konservasi rimbun (Foto: Instagram @csr-rimbun)

jurnalistika.id – Meskipun berada di tengah Kota Tangerang Selatan, Kampung Konservasi Rimbun menjanjikan suasana asri karena lokasinya cukup jauh dari keramaian dan jalan raya. Kawasan ini berada di Jalan Haji Jamat, Nomor 11, Kampung Jati, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Sesuai dengan namanya, di Kampung Konservasi Rimbun, wisatawan dapat belajar tentang berbagai jenis tanaman. Yap! Kampung ini memiliki sejumlah program edukasi terkait tanaman, seperti urban farming, menanam dan memanen sayuran, hingga mengelola limbah dan lain-lain yang berkaitan dengan upaya konservasi.

Menariknya, di kawasan ini terdapat English Village di mana anak-anak dapat belajar bahasa Inggris secara gratis. Pelatihan bahasa Inggris untuk anak usia 4 hingga 15 tahun itu dilakukan secara non-formal dengan cara yang menyenangkan. Antara lain seperti melakukan kegiatan menanam dan mengenalkan tanaman, tentu saja dengan istilah dalam bahasa inggris.

Kampung Konservasi Rimbun
Anak-anak tengah belajar tanaman di Kampung Konservasi Rimbun (Foto: Instagram @rimbun-csr)

Kawasan yang mulai dibangun pada 2016 ini awalnya fokus ke camping ground dan outbond. Namun, pada 2020 pengelola menyulapnya menjadi lebih kekinian dan berhasil menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Baca juga: Broadway Alam Sutera, Tempat Foto Kekinian di Tangerang Selatan

“Nah semenjak adanya pandemi, kita tidak ada kegiatan sama sekali dan sempat tutup sementara. Kemudian pada pertengahan Juni atau menjelang akhir tahun 2020 barulah ada suasana cafe dan resto ini,” ungkap Wina Adina, Costumer Service Kampung Rimbun, Minggu (20/3/2022).

Konsep dan Jam Buka Kampung Konservasi Rimbun

Mengusung konsep semi outdoor Cafe and Resto, Kampung Rimbun menawarkan sejumlah spot foto menarik dengan background tanaman dengan penataan bangku-bangku di sejumlah sudut yang estetik.

Kemudian, selain menjanjikan spot foto menarik di tengah suasana asri, di kawasan itu pun terdapat sejumlah gazebo di setiap sudutnya. Gazebo itu bisa pengunjung pilih sebagai tempat untuk bersantap sambil bersantai bersama keluarga.

Mengutip informasi dari instagram resminya, Jumat (1/4/2022) Resto and Cafe Rimbun buka setiap hari Senin dan Selasa mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB. Kamis dan Jumat mulai Pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Adapun di hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur mereka buka lebih lama, yaitu dari pukul 07.30 hingga 21.00 WIB.

Sementara itu, untuk kawasan ini sendiri buka setiap hari pada pukul 09 pagi sampai 08 malam. Sedangkan pada weekend buka jam 07 pagi hingga 10 malam.

Kemudian, untuk harga makanan dan minuman di sini juga cukup terjangkau. Mulai dari Rp 10.000 hingga RP. 50.000.

Baca juga: Agrowisata Gunung Wayang Sukabumi: Fasilitas, Tiket Masuk dan Rute

Kendati buka di tengah kondisi Pandemi Covid-19, pengelola menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung. Untuk itu, tidak semua fasilitas di Kampung Konservasi Rimbun seluruhnya beroperasi.

“Tempat ini cocok buat pengunjung yang datang dengan keluarga. Namun area konservasi dan live music saat ini belum buka karena masih pandemi. Jadi saat ini, bila tamu datang mereka bisa bersantai, berfoto, menikmati suasana tempat kita,” pungkas Dina.

Baca berita dan informasi lainnya di Google News

Ciater

Kampung Rimbun

Rimbun Kampung Konservasi

wisata tangsel


Rekomendasi

Populer

187 Calon Jemaah Haji Asal Kota Tangsel Terancam Gagal Berangkat, Ini Sebabnya