Jurnalistika

Sering Dikira Sama, 7 Makanan Korea Ini Mirip Kuliner Indonesia

  • Novi Ardila

    08 Mei 2022, 19:33 WIB

    Bagikan:

image

Tteokbokki (c) Indoclubbing.com

jurnalistika.id – Penggemar drama korea pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis makanan yang kerap ada di dalamnya.

Namun, sadarkah kamu bila sejumlah makanan Korea Selatan ternyata memiliki kemiripan dengan kuliner khas Indonesia, mulai dari bentuk, komponen, hingga rasa yang hampir sama?

Nah beberapa makanan di bawah kerap disangka sama, padahal sebenarnya berbeda. Berikut ini tujuh makanan Korea yang mirip hidangan Indonesia, Yuk simak apa saja.

1. Pajeon dan Bakwan Sayur

Camilan yang satu ini terdiri dari adonan tepung dan potongan sayur, yang bisa disantap dengan berbagai suasana. Jika di Indonesia, bakwan sayur umumnya berukuran kecil dan berbentuk bulat.

Korea Selatan juga memiliki kuliner yang damq bernama pajeon alias vegetable pancake. Bedanya pajeon berasal dari teflon dan dipotong kecil setelah matang.

2. Kimchi dan Asinan Sawi

Kimchi adalah salah satu makanan paling terkenal di Korea. Hal karena terbuat dari sawi putih atau sayuran asin yang difermentasi dengan pasta cabai. 

Di Indonesia, kimchi hampir sama dengan asinan sawi, hanya saja tidak menggunakan cabai.

3. Jjajangmyeon dan Mie Yamin

Jajangmyeon dan mie yamin berbahan dasar mie dengan tambahan bumbu gurih dan potongan daging. Namun, jajangmyeon harus menggunakan bumbu hitam yang berasal dari pasta fermentasi kacang hitam. Walaupun dari segi penampilan terlihat kuat rasanya, jajangmyeon sangat gurih karena ada tambahan kaldu dan kacang yang kental.

4. Pat Bing Soo dan Es Serut

Makanan Korea yang Mirip Indonesia

Pat bing soo Merupakan es serut yang berasal dari Korea Selatan yang banyak dikonsumsi ketika musim panas. Toppingnya berupa saus kacang merah.

Namun, saat ini topping-nya semakin berkembang, mulai dari buah, sirup aneka rasa, nata de coco, agar-agar, sampai marshmallow. Bagi kamu yang ingin menikmatinya, tidak perlu ke Korea. Kamu pasti bisa menemukan es serut yang mirip pat bing soo di Indonesia.

5. Tteokbokki dan Cilok

Makanan Korea yang Mirip Hidangan Indonesia

Tteokbokki dan cilok merupakan makanan yang berwarna putih, gurih, bertekstur kenyal. Berasal dari tepung, dan saus. Bedanya, saus tteokbokki hanya menggunakan pasta cabai Korea, sedangkan cilok dengan saus kacang. Namun, rasa adonannya tetap mirip.

6. Bibimbap dan Pecel

Makanan Korea yang Mirip Hidangan Indonesia

Bibimbap atau nasi campur Korea hampir mirip dengan nasi pecel khas Indonesia. Untuk bahan utamanya berupa nasi dan aneka sayuran.

Cara penyajian bibimbap dan nasi pecel menggunakan bumbu sebelum. Bedanya, bumbu bibimbap dari pasta cabai Korea (gochujang), sedangkan bumbu pecel terbuat dari kacang.

7. Japchae dan Bihun Goreng

Makanan Korea yang Mirip Hidangan Indonesia

Dari penampilannya saja hampir mirip, namun japchae tidak menggunakan bihun, melainkan mie berbahan pati ubi.

Rasanya jauh lebih manis dengan warna transparan, teksturnya kenyal, dan bening. Bumbunya, hampir mirip dengan yang kamu gunakan untuk membuat bihun goreng. Contohnya kecap asin, minyak wijen, serta sayuran.

Nah, dari sekian banyak makanan Korea yang mirip hidangan Indonesia di atas, mana yang kamu lebih suka?

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

Food Hunter

kuliner Korea

makanan

Makanan Indonesia korea

Makanan korea


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami