Jurnalistika

Bikin Ngiler, Warung Seblak di Tangsel Ini Banyak Varian Toppingnya

  • Fareza Hanum

    23 Jan 2023, 21:51 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Makanan seblak dengan kuah kental. (Dok: Jurnalistika/Fareza)

Jurnalistika.id – Seblak, olahan makanan dari rebusan kerupuk yang disajikan dengan kuah pedas, irisan sayur dan pelengkap bahan lainnya ini tak hanya populer di daerah asalnya di Garut, Jawa Barat. Di Tangerang Selatan (Tangsel) juga terdapat warung seblak yang tiap hari ramai pembeli.

Warung seblak dengan banyak macam varian toppingnya itu namanya ‘Warung Seblak Bandung Amboe Geulis’. Warung seblak ini berada di Jalan H. Nawawi, Gang Waru, Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel.

Jajanan khas Jawa Barat dengan kuah pedas ini memang bisa menggugah selera khususnya pecinta pedas. Seblak sangat digemari oleh kaum hawa loh, hampir setiap kita mampir ke warung seblak pasti pengunjungnya lebih dominan kaum wanita. Kira-kira kenapa ya, cewek suka banget makan seblak?

Mengenal Makanan Seblak

Seblak adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran bumbu kencur serta aneka topping sosis, kerupuk kuning kenyal, bakso, mie, sayuran, makaroni, dan juga cabai. Kata seblak berasal dari bahasa Sunda yaitu “segak” atau “nyegak” yang artinya menyengat.

Kata seblak berasal dari bumbu kencur yang digunakan sebagai penyedap masakan tersebut. Makanan ini mulai populer sekitar tahun 2000-an dan berasal dari Garut. Namun makanan ini diperkirakan sudah ada jauh sebelum zaman kemerdekaan di sekitar wilayah Parahyangan.

Seblak disebut juga kerupuk leor yang artinya kerupuk lembek, karena memang kerupuk tersebut diolah dengan cara direbus. Sehingga menghasilkan tekstur kerupuk yang lemas dan lembek.

Warung Seblak viral di Tangsel

warung seblak di Tangsel
(Dok. Jurnalistika/Fareza)

Jurnalistika mengunjungi Warung Seblak Bandung Amboe Geulis pada Senin (23/1). Di sini terdapat berbagai menu seblak seperti; seblak kerongkongan, seblak komplit, seblak ayam suir, seblak bakso sapi, seblak telor, seblak ayam sayap, dan seblak biasa.

Salah satu penanggung jawab warung itu, Irfan mengatakan, Warung Seblak Bandung Amboe Geulis sudah beroperasi sejak 10 tahun yang lalu. Ia mengungkapkan, jenis seblak yang menjadi favorit pengunjung di warungnya.

“Biasanya para pelanggan suka pesen seblak ayam atau seblak komplit,’ kata Irfan.

Menurut Irfan, meski setiap hari ramai pembeli. Namun, ada hari-hari tertentu warungnya sangat ramai hingga pembeli harus rela mengantri.

“Setiap hari sih buka kak, tutup biasanya di bulan puasa selama 2 hari. kalau rame biasanya di malam minggu sama di hari minggunya,” ujar Irfan.

Kenapa cewek suka banget seblak?

Meski bukan hanya perempuan yang datang membeli Seblak di sini. Namun pembeli perempuan begitu mendominasi. Salah satu pelanggan mengatakan, selain pedas, ia juga mengatakan kalau racikan bumbu menjadi pertimbangannya membeli seblak.

“Sebenernya dibilang suka yang gak juga, ini karena nganter anak aja. Kebetulan kepengen dan biasanya mesen yang variasi seblak ceker, bumbunya pas, pedesnya juga enak,” kata Karmila, salah satu pembeli.

Alasan kenapa cewek-cewek doyan banget makan seblak diungkapkan Danah, salah seorang pembeli Warung Seblak Bandung Amboe Geulis.

“Kalo alasan kenapa cewek-cewek suka seblak yah biasanya kayak lagi kepengen aja gitu. Tiba-tiba bm pengen makan ini pengen makan itu.” ujar Danah.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

Penulis: Fareza Hanum (Internship)

Kuliner tangsel

makanan tradisional

seblak

seblak tangsel


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami