Jurnalistika

3 Makanan Pokok Orang Eropa Selain Nasi

  • Anton Fathoni

    17 Jan 2023, 19:37 WIB

    Bagikan:

image

Gandum dan roti. (Dok: Shutterstock)

Jurnalistika.idMakanan pokok bangsa Asia adalah nasi, khususnya Asia Selatan, Timur dan Tenggara. Tetapi, pernah ngga sih kalian bertanya-tanya apa makanan pokok orang Eropa?

Umumnya, makanan pokok orang Eropa adalah gandum. Gandum itu mereka olah menjadi berbagai makanan lain, seperti roti, pasta dan juga sereal.

Tak hanya gandum, orang Eropa juga menjadikan kentang sebagai makanan pokoknya. Contohnya di Perancis, mereka mengolah kentang menjadi makanan olahan seperti pottage paramentier, pommes anna dan baecekcoffe.

Lantas bagaimana dengan daging? sama halnya dengan gandum dan kentang, daging juga dimanfaaatkan sebagai makanan pokok di Eropa. adapun makanan oalahan daging yakni barbeque, beef a la Lindstrom dan beacon.

Makanan Pokok orang Eropa

Untuk lebih detailnya, simak artikel tentang berbagai bahan makanan yang menjadi menu masakan orang Eropa berikut:

1. Gandum

Gandum merupakan jenis tanaman serelia yang kaya akan karbohidrat. Tanaman ini tumbuh di kawasan geografis dengan iklim subtropis. Setelah dipanen, gandum digiling menjadi tepung. Tepung inilah yang diolah menjadi makanan seperti roti, dan pasta.

Roti dibuat dari adonan tepung yang dicampur air, telur, ragi kemudian dikocok. Lalu didiamkan hingga mengembang. kemudian adonana tadi dimasukan kedalam cetakan, lalu di panggang.

Umumnya orang eropa melahap makanan ini disanding dengan campuran lain. sama halnya ketika kita memakan nasi. Kita pastinya membutuhkan lauk sebagai campuran. Begitupun halnya dengan roti.

Bisanya roti diolesi selai. Dan adapula yang ditambah sayur, daging, dan kentang, burger contohnya.

2. Kentang

Tadi sudah kita bahas mengenai makan pokok yang berasal dari olahan gandum. Sekarang kita akan membahas mengenai makan olahan dari kentang.

seperti kita ketahui makanan kentang mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga menjadi salah satu makanan pokok eropa. kentang bisa di olah menjadi berbagai makanan dengan metoden memasak yang bervariatif. Steak adalah salah satu contohnya.

Steak adalah makanan olahan kentang yang diiris kecil memanjang kemudian digoreng, disajikan bersamaan dengan saos tomat. Adapun makanan lain olahan kentang yakni kroket.

Kroket merupakan oalahan kentang halus yang dicampur merica kemudian digoreng. Makanan ini berasal dari eropa.

3. Daging

Yang kita ketahui daging merupakan jenis lauk pauk yang dimakan bersamaan dengan nasi. Lain halnya jika di Eropa. daging menjadi salah satu makanan pokoknya.

Sehingga tak heran apabila mereka hanya memakan daging saja. karena daging dianggap sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat. daging diolah dengan cara dibakar, direbus dan dioven.

Barbeque adalah salah satu contoh makanan pokok olahan daging. Makanan ini ditambah bumbu yang kompleks dalam proses pengolahannya. Kemudian penyajiannya dipotong menjadi beberapa lempengan di tambah dengan saus mayones.

Demikian bahasan terkait makanan pokok orang eropa. Namun anda jangan sampai salah persepsi ya. Orang eropa juga makan nasi kok. Ada juga makanan eropa yang terbuat dari nasi. Contoh makanan eropa yang terbuat dari nasi adalah Risotto yang berasal dari Italia.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

Penulis: Anton Fathoni (Internship)

makanan poko eropa

makanan pokok

nasi


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami