Jurnalistika
Loading...

7 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan 2024, Mudah Dibuat di Rumah

  • Arief Rahman

    12 Mar 2024 | 10:45 WIB

    Bagikan:

image

Ide menu buka puasa Ramadhan 2024. (Pexels/Thirdman)

jurnalistika.id – Ide menu buka puasa Ramadhan 2024 sekarang ini sangat mudah dibuat dan bisa dilakukan siapa saja di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan juga bisa didapatkan di banyak tempat.

Menu buka puasa Ramadhan 2024 sebaiknya dipersiapkan beberapa saat sebelum waktunya berbuka tiba. Namun, terkadang tidak semua orang bisa menyiapkan di waktu yang tepat, karenanya butuh menu yang mudah dibuat.

7 Menu Buka Puasa Ramadhan 2024

Berikut beberapa ide menu buka puasa Ramadhan 2024 yang mudah dibuat di rumah.

1. Puding Susu

Nikmati sensasi manis yang berbeda saat berbuka puasa dengan puding susu. Menu buka puasa ini mudah dibuat, dan rasanya segar ketika melewati tenggorokan.

Baca juga: Tata Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat dan Doa Witir, Lengkap dengan Bacaannya

Bahan membuat puding susu hanya perlu mempersiapkan bubuk agar-agar 1 bungkus (tergantung kebutuhan). Lalu susu cair 1100 ml, tepung Maizena 2 sendok makan (sdm), dan gula pasir 3 sdm.

2. Es Timun Lemon

Es merupakan salah satu menu buka puasa paling disukai banyak orang, dan es timun lemon bisa dicoba pada Ramadhan 2024 ini. Hanya butuh timun 2 buah, jeruk nipis 3 buah, selasih 1 sdm, sirup melon, dan es batu,, selasih 1 smd, dan air secukupnya.

Lalu diolah dengan mencampurkan timun dan selasih ke dalam wadah. Kemudian tambahkan sirup melon dan air jeruk nipis, masukan es batu dan air matang secukupnya.

3. Salad Buah

Salad buah juga sangat mudah dibuat, bisa memilih buah kesukaan sendiri , kemudian potong-potong. Jika mau lebih segar, dinginkan terlebih dulu sebelum dipotong-potong. Tambahkan yogurt dan madu untuk meningkatkan rasanya.

4. Kolak Pisang Ubi

Jangan lupakan kolak pisang ubi jika bosan dengan menu buka puasa lainnya. Membuat hidangan ini perlu menyiapkan ubi dan pisang sesuai kebutuhan, santan kelapa, gula merah, dan daun pandan.

Kupas dan potong ubi sebelum diolah. Selanjutnya, rebus ubi dengan menambahkan gula merah dan daun pandan untuk memberikan cita rasa yang khas. 

Baca juga: Selain Indonesia, 6 Negara Ini Juga Mulai Puasa Ramadhan 2024 pada 12 Maret

Lanjut tambahkan pisang, kemudian didihkan hingga ubi empuk dan pisang melunak. Tambahkan sentuhan akhir dengan menyiramkan santan ke dalam adonan. Kolak pisang ubi siap disantap.

5. Telur Gulung

Jajanan legendaris ini juga bisa menjadi ide menu buka puasa Ramadhan 2024 yang tidak kalah lezat. Cara mengolahnya juga mudah, beli 2 buah telur, tepung maizena 1 sdm yang dilakukan dengan 50 ml air matang.

Supaya rasanya nikmat, persiapkan juga garam dan lada secukupnya. Baru tusuk sate sesuai kebutuhan. Setelah itu olah dengan mencampurkan semua bahan menjadi adonan, lalu goreng.

6. Omelet Sayur

Jika sedang mencari menu buka puasa yang sehat dan lezat untuk keluarga, jangan lewatkan omelet sayur sebagai pilihan yang tepat. Siapapun bisa membuatnya dengan mudah, baik dalam porsi kecil maupun besar. Caranya pun simpel, hampir seperti memasak telur dadar biasa.

Baca juga: Link dan Cara Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 H/2024 Sesuai Wilayah

Cukup siapkan bahan utama berupa telur dan sayuran pilihanmu. Untuk variasi lebih, tambahkan daging seperti bakso ikan atau ayam. Sajikan omelet sayur dengan sentuhan bumbu pecel untuk memberikan cita rasa yang semakin nikmat.

7. Mie Geprek

Kalau ribet bikin ayam geprek, coba alternatif mie geprek agar lebih mudah dan tidak kalah lezat. Bahan yang diperlukan hanya mie yang bisa dibeli di warung-warung terdekat, lalu cabe, bawah merah, bawah putih, dan bumbu lain untuk membuat sambal.

Selanjutnya, rebus mie sambil mempersiapkan sambal ulekan. Setelah mie matang, tinggal campurkan ke sambal tadi. Hidangan selesai dan tinggal dinikmati.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

Menu Buka Puasa

Ramadhan 1445 H

Ramadhan 2024


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami