Jurnalistika
Loading...

6 Wisata Curug di Banten, Cocok Dikunjungi Warga Tangsel Saat Liburan Nataru

  • Jurnalistika

    25 Des 2023 | 14:35 WIB

    Bagikan:

image

Curug Cihear. (Dok. virtualtour.bantenprov.go.id)

jurnalistika.id – Saat akhir Desember 2023 tiba, itu juga artinya akan memasuki liburan Natal 2023 dan Tahun baru 2024, catat beberapa rekomendasi tempat wisata curug di Banten untuk menghabiskan liburan bersama teman maupun keluarga.

Wilayah Banten menyimpan sejumlah wisata curug yang menarik untuk dikunjungi saat memasuki liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Termasuk bagi warga Tangerang Selatan (Tangsel) yang tidak ingin liburan terlalu jauh dari rumah.

Liburan ke tempat yang lebih dekat juga bisa menghemat waktu perjalanan. Sehingga sisanya bisa digunakan untuk lebih lama menikmati liburan. Lantas apa saja rekomendasi wisata curug di Banten?

6 Tempat Wisata Curug di Banten

Berikut enam wisata curug di Banten yang cocok direkomendasikan sebagai tempat menghabiskan liburan akhir tahun atau Nataru lengkap dengan alamat lengkap dan biaya masuk.

1. Curug Cigumawang

Curug Cigumawang. (Dok. jadesta.kemenparekraf.go.id)

Curug Cigumawang berada di Desa Padarincang, Serang, Banten. Objek wisata ini sudah menjadi tempat favorit banyak orang dari berbagai daerah karena memiliki daya tarik yang memanjakan mata.

Memiliki tinggi sekitar 40 meter, Curug Cigumawang sangat layak dikunjungi bagi wisatawan yang ingin melepas lelah sambil menikmati alam yang sejuk. Cocok juga buat para pemburu foto, sebab tempat ini memiliki lokasi yang instagramable.

Baca juga: 5 Pantai Indah di Ujung Genteng, Rekomendasi Tempat Wisata di Musim Liburan

Alamat lengkapnya berada di Desa Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. Harga tiket masuk sebesar Rp10.000,- per orang (mungkin bisa berubah).

2. Curug Cihear

tempat wisata curug di Banten
Curug Cihear. (Dok. virtualtour.bantenprov.go.id)

Jika ingin melihat keindahan air terjun yang mengalir di bebatuan lalu membentuk suatu pemandangan indah, maka Curug Cihear cocok dikunjungi. Letak wisata curug ini berada di antara Desa Cigobang dan Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Tempat ini juga terbilang ramai dikunjungi terutama saat berlibur, karena suasananya masih asri dan jauh dari pemukiman. Menurut info terakhir, tiket masuk Curug Cihear masih gratis, pengunjung hanya diharuskan membayar biaya parkir untuk motor Rp2000,- sedangkan mobil Rp5000,-.

3. Curug Cikotak

Curug Cikotak, Banten. (Dok. jadesta.kemenparekraf.go.id)

Apabila memutuskan berlibur ke Curug Cigumawang, bisa juga sekalian mengunjungi Curug Cikotak yang lokasinya berdekatan. Tepatnya berada di Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten Indonesia.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Bekasi, Punya Spot Instagramable

Biaya masuk atau tiket masuk Curug Cikotak sebesar Rp10.000 per orang apabila tidak berubah. Jam buka dimulai setiap jam  07.00 – 18.00 WIB.

4. Curug Sawer

Curug Sawer. (Dok. tempat.org)

Buat wisatawan yang ingin liburan ke tempat yang tidak terlalu dikenal tetapi menyimpan keindahan alam luar biasa, Curug Sawer bisa jadi jawabannya. Lokasinya berada di Desa Sanghiang Dengdek, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Tempat wisata ini memang bisa dibilang belum terlalu populer, tetapi jika ingin kesini bisa menanyakan ke warga setempat. Untuk tiket masuk diharuskan membayar sebesar Rp15.000,- per orang (dewasa), dan Rp10.000,- (anak-anal), kemungkinan bisa berubah.

5. Curug Ciporolak

Curug Ciporolak. (Dok.excitingbanten.id)

Tempat wisata curug di Banten selanjutnya adalah Curug Ciporolak. Beralamat di Desa Hegarmanah atau Lebakpicung, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan air terjunnya yang bisa membayar tiket masuk Rp20.000,- per orang. Buka setiap pukul 06.30 – 17.00 WIB.

6. Curug Putri

Curug Putri. (Dok. penghubung.bantenprov.go.id)

Berikutnya Curug Putri mungkin menjadi salah satu tempat wisata air terjun di Banten. Sebab, sudah banyak orang yang mengabadikannya ke berbagai media sosial dan keindahannya bikin banyak orang tergoda mengunjungi.

Lokasinya berada di Kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura), Desa Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Setiap wisatawan bisa persiapkan uang Rp50.000,- untuk biaya masuk.

Biaya tersebut sudah termasuk life jacket dan jasa guide. Buat wisatawan yang menggunakan jasa ojek untuk memasuki tempat wisata ini diperlukan biaya tambahan Rp40.000,- ribu untuk pulang pergi.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Banten

curug

Tangsel

Tempat Wisata

wisata curug


Populer

Kominfo ‘Diperas’ Pelaku Penyerang Server PDN, Minta Bayaran 8 Juta Dollar AS
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami