logo jurnalistika

5 Ide Olahan Daging Qurban yang Wajib Dicoba Selain Sate dan Rendang

Oleh

Firman Sy

pada

20 Jul 2021, 12:00 WIB

5 Ide Olahan Daging Qurban yang Wajib Dicoba Selain Sate dan Rendang
photo ilustrasi/Endeus

Jurnalistika.id – Berbagi daging qurban merupakan tradisi yang identik dengan perayaan idul Adha. tentunya, setelah mendapatkan jatah daging qurban, kita akan memasaknya menjadi berbagai menu dan olahan. Umumnya, daging kambing dan sapi akan dibuat sate atau rendang.

Nah, supaya hidangan dari daging qurban tidak itu-itu saja, kamu bisa mencoba beberapa olahan daging qurban supaya tidak bosan saat menyantapnya.

Berikut beberapa ide memasak olahan daging yang bisa kamu coba di rumah.

  • Nasi Goreng Kambing
Ilustrasi olahan daging qurban / Nasi Goreng Kambing

Olahan santan saat Idul Adha kerap membuat kita bosan saat menyantapnya. Kamu bisa membuat menu yang praktis, yaitu nasi goreng.

Tambahkanlah daging kambing agar lebih terasa sensasi Hari Raya Idul Adha. Cukup dengan memotongnya dalam bentuk kecil dan mencampurkannya ke dalam olahan nasi goreng.

  • Dendeng Balado
Ilustrasi olahan daging qurban / Dendeng Balado

Makanan khas Sumatra Barat ini dibuat dengan irisan tipis dan lebar dari daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Setelahnya daging disiram dengan sambal berwarna merah. Dendeng balado memiliki tekstur yang garing dan renyah.

  • Bakso
Ilustrasi olahan daging qurban / Bakso

Daging yang sudah diolah menjadi bakso bisa disimpan dalam waktu yang lama. Selain itu, bakso tersebut juga bisa diolah sesuai selera, seperti membuat bakso bakar.

Ide Olahan Daging Qurban Selanjutnya

  • Sop Iga kambing
Ilustrasi olahan daging / Sop Iga Kambing

Tak lengkap rasanya jika ada sate daging tanpa sop iga. Kamu bisa mengolah daging pada saat Hari Raya Idul Adha dengan membuat sop iga. kambing.

Mengolahnya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus iga kambing bersama jahe, daun jeruk, dan daun pandan. Kemudian tumis bumbu halus, seperti jahe, cengkeh, dan kayumanis hingga aromanya harum.

Lalu masukkan air hingga mendidih, tambahkan iga, tomat, wortel, dan bumbu sampai matang. Tambahkan taburan bawang goreng dan seledri agar rasanya lebih nikmat.

  • Soto Padang
Ilustrasi olahan daging / Soto Padang

Olahan dengan kuah bening yang kaya rempah ini bisa menjadi pilihan di Hari Raya Idul Adha. Kuah bening yang terbuat dari kaldu sapi dengan campuran bumbu rempah di dalamnya.

Tak lupa berisi dendeng daging sapi yang renyah nan empuk membuat olahan ini tak boleh absen saat Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: Resep Andalan Sate Kambing Khas Solo

Berita Terkait

Meme Kocak Makan di Warteg Cuma 20 Menit

News

dalam 7 jam

Meme Kocak Makan di Warteg Cuma 20 Menit