Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

5 Cara Memasak Rendang Sapi Agar Cepat Empuk

  • Dena R

    18 Jun 2022, 12:18 WIB

    Bagikan:

image

Cara memasak rendang cepat empuk. (c) butterkicap.com

jurnalistika.id – Di zaman yang serba instan ini, seakan semua jenis bumbu masakan ada versi instannya. Termasuk bumbu untuk memasak rendang.

Bicara tentang rendang, tidak sedikit para produsen bumbu yang mengeluarkan inovasi baru berupa bumbu rendang instan.

Memang sih, ini memudahkan Anda untuk membuat rendang sendiri di rumah. Namun apakah hal itu mampu untuk menghasilkan rendang dengan kualitas baik dan cita rasa yang autentik?

Pasalnya, rendang termasuk salah satu kuliner yang unik dan tricky. Anda membutuhkan tips dan trik demi mencapai hasil rendang yang istimewa. Banyak kalangan yang belum mengetahui cara memasak rendang sapi yang praktis namun tetap empuk.

Baca juga: Resep Rendang Rumahan Ala William Wongso dan Cara Membuatnya

Jika Anda ‘asal’ saja dalam memasak rendang, mungkin pada akhirnya sih yaa jadi juga rendangnya, dan tidak butuh waktu yang lama. Namun bisa jadi ada risiko seperti daging yang keras, bumbu tidak meresap, cepat basi dan lain sebagainya.

Bagaimana cara memasak rendang yang benar?

Untuk menghindarinya, yuk simak langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

1. Selektif dalam memilih daging

bagian sirloin daging sapi (c) Tokopedia

Jika Anda memasak rendang daging (rendang bisa macam-macam seperti rendang ayam atau telur), maka bahan ini adalah pemeran utamanya.

Anda harus memilih daging yang segar, dengan potongan yang sesuai. Pilihlah bagian sirloin, karena sirloin tidak memiliki banyak serat dan akan tetap empuk meski Anda memasaknya selama berjam-jam. Jangan memilih bagian sapi yang terlalu lembut karena akan mudah hancur.

Selain itu, potonglah daging searah dengan seratnya yang memanjang. Ukuran potongannya pun harus pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

2. Olah bumbu dengan benar

Berbagai bumbu dapur. (c) popmama

Sebenarnya, metode menggiling atau menumbuk lebih baik ketimbang menggunakan blender untuk menghasilkan bumbu halus. Karena secara tidak langsung, proses ini akan memengaruhi cita rasa bumbu.

Bumbu dan rempah segar yang diolah dengan cara menggiling atau menumbuknya, tentu lebih sedap jika dibandingkan dengan bumbu yang tidak lagi segar dan diproses menggunakan penggiling elektrik.

Selain itu, jika Anda menginginkan hasil rendang yang nikmat dan autentik, sebaiknya jangan menggunakan bumbu jadi meskipun praktis.

3. Gunakan santan berkualitas baik

bumbu untuk memasak rendang
(c) guide.michelin.com

Cita rasa gurih dan legit yang dominan pada rendang sangat dipengaruhi oleh komposisi satu ini. Karenanya, Anda membutuhkan banyak santan dalam pembuatan rendang. Untuk sekilo daging sapi, setidaknya harus menggunakan lima butir kelapa.

Santannya pun harus benar-benar steril, sebab akan memengaruhi umur simpan rendang.

4. Masak terlebih dahulu bumbu dan santan

ilustrasi memasak bumbu. (c) masakapahariini

Untuk menghasilkan rendang sapi yang empuk namun tidak mudah hancur, sebaiknya Anda masak terlebih dahulu santan beserta bumbu halus hingga mendidih dan berwarna kecoklatan (menjadi kalio). Setelah itu baru masukkan daging.

Kemudian lanjutkan proses memasak hingga warna berubah kehitaman dan menjadi rendang. Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan api kecil.

5. Aduk dengan benar

resep dan cara masak rendang rumahan
mengaduk rendang. (dok: Instagram @kapuyuak160)

Mungkin bisa dibilang rendang hanya bisa dibuat oleh Anda yang penyabar dan telaten. Sebab, Anda benar-benar tidak boleh berhenti mengaduknya selama berjam-jam jam sejak Anda memasukkan daging ke dalam panci. Adukan ini pun tidak boleh Anda tinggal.

Jika Anda tinggal sebentar, maka bagian dasar panci akan menjadi gosong yang akhirnya memengaruhi cita rasa rendang Anda.

Meskipun langkah ini penting, tetap perhatikan metode mengaduknya. Aduklah perlahan dan hati-hati agar tidak mengubah bentuk daging.

Itu tadi beberapa tips dan trik yang dapat Anda praktikkan dalam memasak rendang sapi agar menghasilkan rendang sapi empuk dan bercita rasa istimewa. Semoga bermanfaat!

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

(dena ramadani)

Bumbu Rendang Instan

Memasak Rendang

Rendang

Rendang Minangkabau