Jurnalistika
Loading...

4 Alat Musik Tertua di Indonesia, Terakhir Sudah Ada Sejak 404 Masehi

  • Jurnalistika

    03 Agt 2023 | 17:45 WIB

    Bagikan:

image

Salah satu alat musik tradisional Indonesia, Sape. (Dok. Diskominfo Kaltim)

jurnalistika.id – Indonesia dikenal kaya akan kebudayaan dan seni, termasuk beragam jenis alat musik tradisional yang masih tersimpan sampai sekarang sehingga menjadikannya sebagai perangkat kesenian tertua. Generasi sekarang perlu mengenal agar tidak melupakan jejak kearifan lokal walaupun hidup di tengah-tengah kemajuan teknologi yang pesat.

Sejak dahulu, alat musik tradisional sudah digunakan sebagai sarana upacara, pertunjukan dan hiburan, komunikasi, hingga sarana mata pencaharian. Bahkan sampai sekarang, alat musik tersebut masih tetap menjadi sumber penghidupan ekonomi bagi sebagian para pegiatnya.

Faktor tersebut kemungkinan besar menjadi salah satu alasan alat musik tradisional masih bertahan dan tetap bisa dinikmati sampai sekarang. Untuk itu, penting untuk mengenal beberapa di antaranya untuk menambah pengetahuan.

4 Alat Musik Tertua di Indonesia 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima alat musik tertua di Indonesia yang masih ada sampai sekarang.

1. Kolintang

Kolintang adalah alat musik khas dari Minahasa, Sulawesi Utara yang cara memakainya dengan dipukul. Bahan dasar terbuat dari kayu dan memiliki bunyi cukup panjang, serta bisa mencapai nada tinggi maupun rendah.

Dilansir dari laman Kemendikbud, Kolintang sudah mengalami perubahan bentuk. Sementara penggunaannya sudah ada sejak Pangeran Diponegoro berada di Minahasa sekitar tahun 1830 lalu. Bahkan sumber lain mengatakan Kolintang sudah berumur 500 tahun.

2. Rebab

Rebab adalah alat musik gesek tradisional yang sering digunakan dalam musik daerah seperti Jawa, Bali, dan Sumatera, serta memiliki peran penting dalam upacara adat dan pertunjukan seni tradisional. Namun, asal daerah instrumen musik ini berasal dari daerah Jazirah Arab yang kemudian masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan.

Baca juga: Mengenal Gordang Sambilan, Alat Musik Tradisional Mandailing Natal

Alat musik ini diketahui sebagai instrumen yang cukup tua sebab sudah muncul sejak abad ke-9 Masehi. Artinya sudah sejak sekitar 1000 tahun lalu.

3. Sape

Alat musik selanjutnya berasal dari Kalimantan, bernama Sape dan berjenis petik yang merupakan salah satu instrumen perwujudan khas Dayak. Dulu Sape digunakan sebagai iringan tarian pada masa kayau, tetapi hingga saat ini kekuatan magisnya masih dipercaya dapat menghipnotis pendengar. Diperkiraan Sape sudah ada sejak 1.500 tahun lalu.

4. Gamelan

Terakhir sekaligus dipercaya sebagai yang tertua adalah adalah alat musik Gamelan. Instrumen musik ini sering ditemui di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Madura, dan Lombok.

Dikutip dari laman Kemendikbud, Istilah gamelan Jawa mengacu secara umum kepada gamelan di Jawa Tengah. Diduga sudah ada sejak tahun 404 Masehi atau kurang lebih sekitar 1600 tahun lalu. Hal tersebut terlihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Itulah beberapa alat musik tertua yang pernah ada di Indonesia. Penting diingat, yang disebutkan diatas hanya sebagian, karena kemungkinan daerah lain juga punya instrumen musik yang sudah ada sejak lama.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

alat musik Indonesia

alat musik tertua

alat musik tradisional


Populer

Kominfo ‘Diperas’ Pelaku Penyerang Server PDN, Minta Bayaran 8 Juta Dollar AS
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami