Jurnalistika
Loading...

Profil Ndhank Surahman, Gitaris yang Larang Stinky dan Andre Taulany Nyanyikan Lagu Mungkinkah

  • Jurnalistika

    03 Jan 2024 | 14:35 WIB

    Bagikan:

image

Ndhank Surahman. (Instagram @ndhank_s_hartono)

jurnalistika.id – Nama Ndhank Surahman baru-baru ini tengah menjadi buah bibir di dunia hiburan Indonesia. Hal itu lantaran ia melarang band Stinky dan Andre Taulany menyanyikan lagu ciptaannya berjudul Mungkinkah.

Larangan tersebut disampaikan Ndhank lewat akun Instagram resminya @ndhank_s_hartono dalam bentuk video berisi somasi. Dasar dari keputusan ini disebabkan karena dia merasa Andre Taulany tidak ada itikad baik untuk memberikan hak ekonomi yang merupakan haknya.

Sementara untuk Stinky, ia mengakui sudah ada pembicaraan. Namun, terkait direct license menurutnya belum ada kesepakatan.

Baca juga: Lee Sun Kyun Aktor Pemeran Film Parasite Meninggal Dunia, Diduga Bunuh Diri

Ndhank mengatakan dia meminta 2 persen dari nilai Stinky manggung, tetapi tidak menemui kata sepakat. Memang ia mengaku beberapa kali mendapatkan uang jika itu disebut sebagai royalti, tetapi itu jauh dari prinsip keadilan.

Lalu siapakah sebenarnya Ndhank Surahman? Gitaris yang dituding sedang mencari sensasi dengan melayangkan somasi ke Stinky dan Andre Taulany yang diketahui populer di dunia hiburan Indonesia.

Profil Ndhank Surahman

Ndhank memiliki nama lengkap Endang Surahman Hartono. Terkait tanggal kelahirannya belum ada data lengkap, namun dia diketahui lahir sekitar tahun 1973 di Bogor.

Meski lahir di Bogor Ndhank tidak terlalu lama hidup di Kota Hujan ini. Sebab dia ikut pindah ke Jakarta mengikuti pekerjaan ayahnya.

Gitaris pencipta lagu mungkinkah ini memulai pendidikan di SDN 01 Kebon Jeruk, kemudian lanjut ke SMPN 189, dan SMAN 57. Sejak berseragam putih abu-abu, Ndhank sudah menyukai dunia musik.

Beberapa kali dirinya bersama teman-temanya seperti Irwan dan YonkQ mengikuti festival musik. Bahkan sering memenangkan event dalam perjalanan tersebut.

Pada saat-saat ini jugalah Andre Taulany yang merupakan kakak kelasnya ikut bergabung dengan band mereka sebagai vokalis. Sekaligus mereka juga mulai menciptakan lagu sendiri dan bernaung di bawah label musik.

Dalam perjalanan musiknya pula, Ndhank telah menciptakan banyak lagu hits. Selain Mungkinkah, dia juga merupakan pencipta tembang Jangan Tutup Dirimu yang juga dipopulerkan mantan bandnya Stinky.

Akibat kesibukannya dalam dunia pekerjaan saat masih menjadi bagian Stinky membuat dia tidak bisa mengikuti jadwal promo band. Akhirnya, dia pun memutuskan untuk mengundurkan diri.

Kehidupan asmaranya juga menarik, saat masih berusia 25 tahun dia sudah menikah dan dikaruniai dua orang anak. Namun, pernikahannya ini tidak berlangsung lama. Lalu pada sekitar tahun 2010, Ndhank bertemu dengan Grace Watania yang kini menjadi istrinya.

Melalui bio di Instagram pribadinya, diketahui Ndhank masih aktif sebagai gitaris, menulis lagu dan komposer.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Andre Taulany

Ndhank Surahman

Stinky


Konten Sponsor

Populer

Update Real Count Pilpres 21 Februari: Prabowo 58,7%, Anies 24,1%, Ganjar 16,9%
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami