logo jurnalistika

Tips Memulai Bisnis di Tengah Pandemi dengan Modal Minim

Oleh

Malik Abdul Aziz

pada

30 Apr 2021, 23:00 WIB

Tips Memulai Bisnis di Tengah Pandemi dengan Modal Minim

Jurnalistika.id – Pandemi Covid-19 sudah familiar di telinga masyarakat dan memberikan dampak besar pada perekonomian Indonesia. Selama masa karantina tak sedikit orang memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan peluang Bisnis di Tengah Pandemi menjadi pengusaha.

Tetapi untuk menjadi seorang pengusaha tidak semudah yang kita dengar dan bayangkan. Banyak sekali tantangan yang harus kita lewati demi menjadi seorang pengusaha mandiri yang sukses. Semua butuh proses dan ketekunan diri yang kuat. Dalam jangka panjang, wirausaha pasti akan berkembang secara signifikan dan memberi manfaat jika kita tetap menjaga kesehatan diri mulai dari sekarang.

Berikut tips-tips teruntuk kamu yang ingin merintis Bisnis di tengah pandemi, dengan modal yang minim. Seperti yang dikutip dari avrist.com.

Baca juga: Benyamin Tindak Tegas Pasar Ilegal Demi Prokes

1. Cari bisnis yang potensial

Carilah bisnis yang memang benar-benar dibutuhkan, dan berpotensi untuk berkembang. Misalnya saja bisnis didalam bidang kesehatan. Pandemi ini melahirkan banyak kebiasaan baru, sekarang orang mulai sadar akan pentingnya kesehatan dan menjaga diri dari virus. Oleh karena itu kamu bisa menimbang untuk menjual peralatan pendukung kesehatan, misalnya saja masker, pelindung wajah, vitamin, atau jaket anti virus.Selain bisnis bidang kesehatan, kamu juga dapat mempertimbangkan bisnis yang mudah seperti kuliner. Meskipun bukan di tengah pandemi, kuliner selalu digemari dan merupakan suatu bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa menjual frozen food yang siap saji dan siap masak atau makanan sehat yang mendukung imunitas tubuh.

2. Jalankan bisnis yang paling memungkinkan

Kondisi pandemi yang terjadi sekarang membuat kita harus selalu menjaga diri dan membatasi jarak dengan orang lain, dan untuk menjalankan suatu bisnis usaha haruslah memikirkan apa yang paling memungkinkan untuk dijalankan. Anda harus selalu fokus memantau apa yang memang paling orang bututhkan dan menguntungkan bagi anda di situasi seperti sekarang.

3. Pilihlah yang ringan modal

Memulai bisnis bukanlah perkara yang mudah karena harus dilakukan dengan serius. Setelah meriset bisnis potensial yang berpeluang di tengah pandemi, selanjutnya pikirkanlah bisnis apa yang potensial ditengah pandemi ini. Untuk memulai suatu bisnis, tidaklah selalu memerlukan modal yang besar. Sesuaikan kebutuhan modal dengan kondisi anda sekarang. Misalnya saja anda mengalami penurunan pendapatan karena pandemi, dan uang simpanan anda mulai terpakai karena kebutuhan sehari-hari. Pastikan anda bijak dalam mengatur keuangan dan pemakaian dana sebagai modal bisnis.

Bisnis di Tengah Pandemi dengan Mengoptimalkan Media Sosial

4. Optimalkan media sosial

Media sosial adalah tempat yang sangat berpotensi untuk memasarkan poduk anda. Mengenalkan produk yang akan kita jual itu sangat penting. Promosi memegang peran besar dalam setiap kegiatan pemasaran. Gunakan media sosial untuk menawarkan kepada teman anda yang berpotensi menjadi pelanggan, dan tawarkan produk yang berkualitas dan layanan yang baik. Selain menawarkan produk, anda juga dapat memanfaatkan pemasangan iklan secara online melalui facebook atau Instagram serta mengoptimalkan grup-grup whatsapp dan komunitas yang anda ikuti.

Baca juga: Pondok Pesantren Modern Daarul Qoori’in, Sekolah Dengan Penerapan Pengunaan Bahasa asing (Arab dan Inggris)

Itulah beberapa tips untuk memulai suatu Bisnis di tengah pandemi ini dengan modal yang minim. Janganlah takut untuk memulai peruntungan bisnis meskipun di tengah pandemi, teruslah menjaga kesehatan demi kesejahteraan diri dan orang-orang tercinta. (Fharo)

Berita Terkait

Perbedaan Antara Endemik, Epidemik dan Pandemik

Kesehatan

08 Juli 2021

Perbedaan Antara Endemik, Epidemik dan Pandemik