Jurnalistika
Loading...

Mengapa Membayar Zakat Fitrah Penting? Ini Dia Manfaatnya yang Luar Biasa

  • Dea Sunara

    10 Apr 2023 | 17:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi manfaat membayar zakat. (Pexels/Vie Studio)

jurnalistika.id – Membayar Zakat fitrah merupakan kewajiban Muslim dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Selain menjadi bentuk syukur atas berkah yang diterima, zakat fitrah juga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain membantu mengurangi kesenjangan sosial, zakat fitrah juga memberikan manfaat kesehatan dan lingkungan yang positif. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat zakat fitrah yang tidak boleh diabaikan.”

Manfaat Membayar Zakat Fitrah

ilustrasi doa zakat fitrah
Ilustrasi memberikan kewajiban zakat fitrah. (Istimewa)

1. Membersihkan harta dan jiwa

Melalui zakat fitrah, setiap muslim yang melaksanakannya dapat membersihkan harta dan jiwa dari segala dosa dan kesalahan yang terjadi selama menjalankan ibadah puasa. Dengan membersihkan harta dan jiwa, setiap muslim akan lebih siap dan mudah untuk memulai kehidupan yang baru dan lebih baik setelah menjalankan ibadah puasa.

2. Menolong sesama

Zakat fitrah juga memiliki manfaat untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, terutama pada saat Idul Fitri. Dapat memberikan bantuan kepada mereka yang kurang mampu sehingga dapat merayakan Idul Fitri dengan lebih baik.

3. Menjalin silaturahmi

Dalam menjalankan zakat fitrah, setiap muslim akan berinteraksi dengan sesama muslim dalam memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Dengan begitu, zakat fitrah dapat menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan antar sesama muslim.

4. Menambah pahala

Setiap amalan baik yang dilakukan akan memiliki nilai dan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Begitu pula dengan zakat fitrah, setiap muslim yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala yang lebih besar di bulan Ramadan.

5. Menjaga keberkahan

Zakat fitrah dapat menjaga keberkahan di dalam harta yang dimiliki. Dengan membayar zakat fitrah, setiap muslim akan terhindar dari sifat kikir dan pelit yang dapat menghalangi keberkahan dalam harta yang dimiliki.

6. Membuat hati merasa tenang

Setiap muslim akan merasa hatinya lebih tenang dan damai. Hal ini disebabkan karena setiap muslim telah menunaikan kewajibannya sebagai seorang muslim, sehingga hati menjadi lebih lega dan damai.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, hendaknya tidak melupakan kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Selain memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim, zakat fitrah juga memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang dapat dirasakan oleh setiap muslim yang melaksanakannya.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontibutor: Dea

manfaat zakat fitrah

Zakat Fitrah


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami