Jurnalistika
Loading...

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2023? Ini Jadwal versi NU dan Muhammadiyah

  • Ratu Masrana

    07 Mar 2023 | 21:00 WIB

    Bagikan:

image

Suasana sore di Masjid At-Tin di kawasan TMII (Foto: Ratu/jurnalistika)

jurnalistika.id – Tidak lama lagi, umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini, umat muslim akan menunaikan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh. Artikel berikut ini akan mengulas kapan jatuhnya awal Ramadhan, menurut Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Mari kita simak selengkapnya.

Jika merujuk pada Al-Quran surat Al Baqarah ayat 183, yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” Dikatakan di ujung ayat bahwa “Tujuan puasa adalah agar kamu bertaqwa”. Seperti apakah taqwa bisa diaktualkan?

Definisi yang terdefinitif, tertera di dalam surah Al-Baqarah ayat 177, artinya “Iman itu bukanlah dengan membeli-beli banyaknya harta benda, tetapi iman itu adalah mengimani Allah, hari kemudian, para malaikat, kitab-kitab suci dan para rasul, serta memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan) dan orang-orang yang meminta-minta; juga memerdekakan budak, mendirikan shalat dan memberikan zakat. Dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan sabar dalam kesulitan dan penderitaan serta dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (beriman); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

Ayat tersebut menyangkut ciri-ciri taqwa. Di antaranya orang bertaqwa adalah “Menepati janji apabila ia berjanji”. Para sahabat sekalian, jika ada orang yang tidak menepati janji, ini berarti mengisyaratkan bahwa orang tersebut tidak memenuhi tujuan puasa. Jadi, mari kita semuanya bermuhabah sebelum masuk bulan Ramadhan adakah sebuah janji yang belum kita tunaikan, maka segeralah untuk menunaikannya.

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 versi Muhammadiyah

Untuk menentukan awal Ramadhan Muhammadiyah mendasarkan kepada keputusan Majelis Tarjih dan Jadid Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah atau awal ibadah puasa Ramadhan pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sedangkan 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Jumat 21, April 2023. Keterangan ini disiarkan pada kanal Youtube Muhammadiyah Channel.

Awal Puasa 2023 versi Nahdlatul Ulama (NU)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa penetapan pemerintah atas awal Ramadhan yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2023, NU masih memperkirakan awal Ramadhan jatuh pada sekitar tanggal 22 dan 23. Umat Nahdiyin sendiri belum menentukan kepastiannya.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

(ratu/red)

awal puasa

Khazanah

Puasa Ramadhan

ramadhan 2023


Populer

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap Fase Grup Euro 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami