Jurnalistika
Loading...

Hukum Makan Sahur, Apakah Wajib? Ini Jawabannya

  • Ratu Masrana

    01 Apr 2023 | 01:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi Makanan untuk sahur. (Jurnalistika/Firmansyah)

jurnalistika.id – Makan sahur di bulan Ramadan merupakan salah satu praktik yang dianjurkan bagi umat Islam sebelum menjalankan ibadah puasa. Namun, apakah makan sahur itu wajib atau tidak bagi umat Islam?

Secara umum, makan sahur pada bulan Ramadan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW selalu menekankan kepada para sahabatnya untuk makan sahur sebelum berpuasa. Salah satu hadis yang menguatkan hal ini adalah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim yang berbunyi:

“Janganlah kalian melewatkan makan sahur, karena sesungguhnya di dalam sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis tersebut menunjukkan bahwa makan sahur sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa. Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW juga menyebutkan bahwa orang yang tidak makan sahur dianggap melakukan kekurangan dalam berpuasa.

Nah, kalau teman-teman bagaimana? Tadi malam sahur atau gak? Jangan sampe gak sahur ya, nanti gak kuat lho puasanya heheee…

Namun, apakah makan sahur itu wajib bagi umat Islam?

Tidak ada dalil yang menyatakan bahwa makan sahur itu wajib. Namun, sebagian ulama menyatakan bahwa makan sahur itu disunnahkan atau dianjurkan. Hal ini berdasarkan pada beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan makan sahur. Selain hadis yang sudah disebutkan di atas, terdapat juga hadis lain yang menunjukkan keutamaan makan sahur. Hadis tersebut adalah:

“Tidaklah umatku terus-menerus berada dalam kebaikan selama mereka terus makan sahur di awal pagi.” (HR. Ahmad)

Hadis ini menunjukkan bahwa makan sahur dapat membawa kebaikan bagi umat Islam. Makan sahur dapat membantu seseorang untuk tetap kuat menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh. Tetap semangat ya teman-teman…Dalam Al-Quran sendiri juga terdapat ayat yang menunjukkan keutamaan makan sahur. Ayat tersebut adalah:

“Makan dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (QS. Al-Baqarah: 187)

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT mengizinkan umat Islam untuk makan dan minum sebelum fajar terbit. Hal ini menunjukkan bahwa makan sahur diperbolehkan dalam Islam.

Dalam kesimpulannya, makan sahur pada bulan Ramadan sangat dianjurkan dalam Islam. Meskipun tidak ada dalil yang menyatakan bahwa makan sahur itu wajib, tetapi terdapat beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan makan sahur.

Makan sahur dapat membantu seseorang untuk tetap kuat menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh. Oleh karena itu, bagi umat Islam yang ingin mendapatkan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa, disarankan untuk tidak melewatkan makan sahur.

Sahur, sahur, hehee… Seru jika mendengan suara orang berkeliling membangunkan untuk makan sahur. Jangan lupa berdoa sebelum makan, Sudah kenyang ucapkan alhamdulillah, Selamat sahur!

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Ratu

hukum makan sahur

makan sahur

ramadhan 2023

sahur


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami