Jurnalistika
Loading...

6 Doa Menghadapi Ujian agar Lancar dan Mendapat Nilai Bagus

  • Jurnalistika

    08 Jul 2024 | 10:55 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi anak sekolah menghadapi ujian. (Pixabay/airunique)

jurnalistika.id – Membaca doa saat menghadapi ujian perlu dipanjatkan untuk meminta kepada Allah SWT untuk diberikan kelancaran, kemudahan dan nilai yang bagus. Dapat juga memberikan ketenangan selama mengerjakan soal yang diberikan oleh panitia penguji.

Meski begitu, selain menghafal doa untuk dibaca sebelum melaksanakan ujian, tidak penting juga untuk belajar dengan giat mendekati hari ujian. Sebab, tanpa berusaha dan hanya mengandalkan doa, tidak akan bisa dapat maksimal.

Tujuan doa adalah meminta agar diberikan kemudahan menjawab ujian, membuka semua yang sudah dipelajari sebelumnya. Kemudian, membuka ingatan kembali ke pelajaran yang sudah dihafal sebelumnya.

6 Doa Menghadapi Ujian Agar Lancar dan Dapat Nilai Bagus

Berikut beberapa doa yang bisa dibaca sebelum mengerjakan ujian baik itu di sekolah SD, SMP, SMA dan SMK, maupun saat ingin masuk kuliah.

1. Doa Dilapangkan Dada

اللَّهُمَّ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِ

Bacaan latin: Robbi srohli shadri, wa yassir lii amri wahlul uqdatammin lisani, yafqahu qauli.

Artinya: “Ya Rab-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (Q.S. At-Thaha: 25-28)

Baca juga: 5 Doa agar Keluarga Dijauhkan dari Marabahaya, Tulisan Arab, Latin dan Artinya

2. Tidak Ada Kemudahan Kecuali yang Allah Berikan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Bacaan latin: Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

3. Doa Diberikan Manfaat

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا علَّمتني، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Bacaan latin: Allahuma anfa’anii bimaa ‘allamtanii wa ‘allimnii maa yanf’unii wazidnii ‘ilman walhamdulillahi ‘alaa kulli haalin

Artinya: “Ya Allah, berilah aku manfaat melalui ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan, dan segala puji bagi Allah dalam semua keadaan.”

4. Meminta Rahmat Allah SWT

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illa anta.”

Artinya: “Ya Allah, hanya rahmatMu yang aku harapkan maka jangan biarkan aku mengikuti nafsuku sekejap mata pun. Perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tiada Tuhan kecuali Engkau.”

Baca juga: 4 Doa Menyambut Bulan Ramadhan, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

5. Diberikan Kemudahan oleh Allah

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (HR. Ibnu Hibban, dari Anas bin Malik)

6. Diberikan Kemudahan dalam segala Sukar

للَّهُمَّ الْطُف بِيْ فِيْ تَيْسِيْرِ كُلِّ عَسِيرٍ فَإِنَّ تَيْسِيْرَكُلِّ عَسِيْرٍعَلَيْكَ يَسِيْرٌ وَأَسْأَلُكَ الْيُسْرَ وَالْمُعَافَاةَ فِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Bacaan Latin: Allaahummal thuf bii fii taisiiri kulli asiirin, fa’inna thaisiira kulli asiirin ‘alaika yasiiru, wa as alukal yusra wal mu’aafaata fiddunyaa wal aakhirati

Artinya: “Ya Allah, berilah kemudahan dari setiap yang sukar. Sesungguhnya Engkau memudahkan dari yang sukar. Itu bagi-Mu adalah mudah, dan aku memohon kapada-Mu dari kemudahan-Mu dan limpahkanlah kebaikan di dunia dan akhirat.”

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

doa

doa Islam

doa menghadapi ujian


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami